Kamis, 13 Juni 2013

ubi goreng siram saus bechamel



bosen ah makan ubi goreng gitu-gitu aja.. yuk kita siram dengan saus bechamel. bikinnya juga mudah banget.
yang kita kerjakan mula-mula adalah merebus ubi. potong ubi bentuk jari-jari gemuk. biasanya saya merebus dalam kuah kaldu ceker yang legit. tapi kalau tak ada, tak apa, bisa diabaikan. rebuslah ubi dalam air garam dan gula supaya rasa ubinya lebih kuat. cek dengan sebatang tusuk gigi. bila sudah empuk matikan api, angkat ubi dan tiriskan.

goreng ubi dalam minyak panas dan banyak hingga berkulit. sisihkan.

sekarang kita buat saos bechamel-nya. mau pakai sup krim instant rasa ayam boleh, gak ada pun gak apa-apa. kita bikin dari scratch.

 

siapkan semangkuk rajangan bawang bombay, semangkuk rajangan jamur (bisa jamur tiram, jamur merang, jamur shitake), semangkuk ayam giling, semangkuk rajangan halus daun bawang.
 
tumis rajangan bawang bombay, 2 siung bawang putih halus, 1sdt ketumbar halus. masukkan ayam giling dan tumis hingga berubah warna, kepyur dengan sedikit air supaya tak gosong. masukkan rajangan jamur, aduk hingga rata. beri 1 sdt oregano, thyme, rosemary (kalau susah pakai salah satu herbs ini juga gak papa). beri sedikit air dan biarkan meletup-letup. beri garam dan lada bubuk secukupnya. icipi rasanya.

masukkan sesendok demi sesendok sambil diawur-awur tepung terigu. biasanya saya perlu 5sdm tepung terigu dan 1 sdm tepung maizena. aduk hingga rata, itulah roux, masukkan segelas susu dan aduk rata hingga meletup-letup. masukkan lagi segelas susu dan masak hingga mendidih. 

sekarang jadi deh saus bechamel-nya. siap dituang ke atas ubi goreng. sebelum taburi dengan rajangan daun bawang halus, aduk-aduk dan siap disajikan.

nah, pengantar imajinasi ini juga bisa ditambahkan macam-macam bahan pada pembuatan saus bechamel, seperti bayam hijau / bayam merah, jagung manis, wortel parut, bacon biar makin sip lagi olahan bechamel-nya.

umbi-umbiannya pun macem-macem yang bisa dipakai. labu, singkong dan kentang juga enak. dimakan dengan roti bakar juga enak, crackers enak. apapun enak dengan saus bechamel. 

kalau mau lebih ribet lagi, parut keju mozarella (pakai quick melt biar lebih murah juga bisa) kemudian panggang sebentar di oven sampai kejunya meleleh... sedaaap sungguh..


 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar