Minggu, 09 Juni 2013

tumis tauge bumbu hoisin



suatu hari saya iseng-iseng posting status di facebook. begini bunyinya : duit seribu sekarang bisa buat beli apa yaaa.. 

ternyata lumayan yang komen..banyak. saya jadi tahu bahwa uang seribu rupiah itu masih ada harganya. 30 tahun lalu, waktu saya tk, harga sebungkus bihun goreng di kantin sekolah dihargai 25rupiah. ibu saya menyimpan banyak sekali uang recehan 25 rupiah, 50rupiah, 100rupiah untuk ngajarin saya matematika. saya enggak tahu sekarang, tapi waktu saya kelas 2 sd ada pelajaran matematika tentang penjumlahan bilangan dengan metode uang recehan. ibu saya bilang saya pinter ngitung kayak gitu soalnya sering jajan sendiri tanpa ditemani pengasuh .. sementara sepupu saya yang seumuran dan jarang jajan sendiri enggak bisa-bisa pelajaran matematika metode penjumlahan uang receh itu.

saya masih mengingatnya dengan geli. 

oke, soal status uang seribu itu ada kawan menjawab, beli tauge seribu masih dapet banyak. emang bener, dengan uang seribu kita masih bisa beli tauge.

tumis tahu surabaya ini sederhana banget bahannya. bikinnya juga enggak susah tapi kita mesti main-main api di sini, supaya tauge-nya tetep krenyes dan enak disantap.

 

saya gunakan 1 buah tahu cina yang terbuat dari kacang hijau. tahu tersebut saya potong dadu kemudian saya bumbui kaldu instant rasa ayam. saya biarkan sebentar sambil menyiapkan bahan yang lain. 
 
saya cuci bersih 1 genggam besar tauge seharga seribu rupiah tersebut. kemudian saya menghaluskan 4 siung bawang putih, 3 cabe rawit merah besar, 4 siung bawang merah. saya rajang halus 1 batang besar daun bawang dan 1 tomat merah saya iris panjang. 

setelah beres, saya goreng tahu potongan dadu dalam minyak panas. menggorengnya sebentar saja hingga berkulit dan langsung diangkat karena saya tetap ingin mempertahankan teksturnya yang lembut. menggorengnya sebentar bertujuan untuk tak membuatnya mudah hancur ketika ditumis dengan bahan lain.
dalam wajan saya panaskan sedikit minyak goreng,kemudian saya menumis bumbu halus hingga harum. saya beri 1 sendok teh munjung saus hoisin. langsung semegrak aroma tumisan bumbu saya.tomat masuk dan saya aduk hingga agak layu kemudian tahu putih masuk. aduk-aduk beri garam dan gula sedikit. saya besarkan api dan tauge masuk. saya aduk-aduk cepat hingga agak layu. kemudian wajan saya percik-percik dengan air agar bumbu tak gosong.

saya benci masakan tauge dan tumisan yang berair banyak. rasanya seperti makan di warteg. memercikkan air seperlunya di atas wajan adalah cara untuk membikin tekstur sayur tetap krenyes. menjelang diangkat saya masukkan rajangan daun bawang. 

jadilah dish sederhana yang nikmat.. saos hoisinnya yang bikin masakan sederhana ini jadi enaaakk..
kalau mau lebih enak lagi, tumis ayam / daging giling ketika menumis bumbu. tapi nanti judulnya enggak sederhana lagi.. ehehehe...



selain tahu cina kacang hijau, saya juga sering gunakan potongan sosis untuk makanan ini. suatu hari nanti saya gak mau anak saya picky eater. harus bisa nelen makanan mewah dan sederhana juga. saya perhatikan mereka yang ngalamin keseringan makan enak sering agak-agak susah nelen makanan yang ‘biasa’ aja sementara roda kehidupan berputar, kadang ada uang banyak, kadang mesti mengencangkan ikat pinggang.
 
gak ada ruginya beli saos hoisin untuk menjadi teman masakan stir fry..karena hasil masakannya jadi lebih nendang. makan stir fry seperti ini dengan tempe goreng aja udah nikmaaattt banget.

please give it a try

until then berkah dalem..dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu






Tidak ada komentar:

Posting Komentar