Rabu, 12 Juni 2013

tempe tumis awur-awur




ibu diberi oleh-oleh tempe kedelai murni dari malang. karena tak ada instruksi dari orang rumah, mbak saya yang lugu memasukkan tempe oleh-oleh itu ke dalam kulkas. kelupaan beberapa hari dan tempe-nya gagal meragi, tetap jadi kedelai.

kemudian tempe kedelai itu saya awur-awur sehingga jadi butiran kedelai yang siap digoreng dalam minyak panas. tak lama menggoreng kedelai-nya karena sudah empuk. setelah ditiriskan saya menaburkan kaldu bubuk rasa ayam dan saya aduk-aduk hingga rasanya merasuk. rencananya kedelai ini akan saya bikin tumisan sederhana dengan bumbu rajang yang banyak.

saya merajang batang sereh muda, cabe merah keriting, bawang putih dan merah. tumisan bumbu ini saya beri sedikit saos tiram, kemudian kedelai tempe masuk. aduk-aduk sebentar dan jadilah tumisan tempe. ketika hendak disajikan saya teringat masih punya stok teri medan goreng tepung. saya campur dengan tumisan tempe.


 buat lidah indonesia, enak banget deh sungguh.. sederhana dan membumi...

please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar