Rabu, 12 Juni 2013

bubur nori



membuang makanan adalah salah satu hal yang paling saya benci. itu adalah sikap sangat tidak menghargai hidup, menurut saya. ada mata rantai yang rumit tentang keberlangsungan hidup kita. enggak setiap orang bisa makan juga soalnya. growing own food juga enggak mudah. karena itu di rumah saya, apa yang masih bisa diselamatkan harus diselamatkan, enggak berlebihan beli makanan hingga membusuk di kulkas, atau layu dan terbuang. 

salah satu cara menyelamatkan makanan adalah dengan mengubah nasi menjadi bubur. karena dimakan pagi, biasanya sejak semalam 2 mangkuk nasi direndam dalam 1,5 mangkuk air. biarkan hingga menyerap airnya sehingga ketika dipagi hari akan dimasak bubur,pengerjaannya jadi cepat.

saya suka menyetok kuah kaldu,karena itu setiap bikin bubur yang saya gunakan bukan air tetapi kuah kaldu. untuk membikin bubur nasi supaya gurih dan lezat, saya juga menambahkan sup krim ayam instant (apa aja merk-nya suka-suka, biasanya saya pakai campbell atau royco) yang dilarutkan dengan segelas air panas. kemudian di tuang ke dalam panci berisi adonan bubur. tambahkan cacahan bawang bombay. masak dalam api sedang dan terus diaduk hingga menjadi bubur. 



rasa buburnya jadi gurih dan creamy, enak banget. apa saja bisa dijadikan pelengkap bubur nasi ini. kebetulan waktu saya ambil foto bubur nasi, ada sisa 1 sachet nori dan akar-akaran tanaman jepang yang harum dan sungguh earthy banget, oleh-oleh anaknya kawan ibu yang tinggal di jepang. saya suka banget dengan sensasi umami, pedas akar-akaran dan harum yang ada dalam taburan nori ini (saya cari di kamome,swalayan jepang-korea, enggak ketemu merk yang sama, sedih deh mesti ke jepang dulu). sebagai kriuknya saya tambahkan chips happytos.

ringan..tapi enak... 



 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar