Senin, 24 Juni 2013

pesmol lele





bukan santan yang digunakan untuk memasak pesmol, melainkan kemiri.

kita bisa menggunakan aneka jenis ikan untuk bikin pesmol. kali ini saya bikin dengan lele. lele yang saya gunakan jenis lele yang besar supaya bumbu pesmol meresap dalam daging lele yang lembab dan legit.
oh iya, setiap masakan lele yang saya buat tak menyertakan kepala. saya terus terang saja ngeri dengan cipratan atau lebih tepatnya ledakan dari kepala lele yang sedang digoreng. daripada ngeri dan celaka, kepala lele-nya saya abaikan. 

yang pertama kali saya kerjakan adalah merendam lele dalam larutan garam, kemudian menggorengnya. sebentar saja menggorengnya, yang penting kulitnya agak garing. angkat dan tiriskan.

untuk 1 kg daging lele, saya menghaluskan 6 siung bawang putih, 6 cabe merah keriting, 4 cabe rawit merah, 20 buah kemiri, 1 ruas besar kunyit, jahe dan lengkuas. saya juga siapkan 3 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 3 batang sereh dimemarkan.

tumis bumbu halus dalam minyak panas. kepyur dengan air sedikit supaya tak gosong. beri garam dan gula jawa. masukkan daun jeruk, daun salam dan sereh. tuang 1 gelas air. kemudian masukkan lele yang telah digoreng tadi, aduk-aduk hingga rata dan terendam bumbu. kalau perlu tuang air sedikit lagi hingga lele benar-benar terendam. masak dalam api kecil hingga kuah menyusut dan meresap ke dalam daging lele. 
jadi deh, pesmol ikan yang enak. 

bikin bumbu agak banyak supaya bisa dicocol dengan sayuran kukus seperti labu siam kecil, daun singkong, daun pepaya atau terong goreng.

duhhh sipp banget pokoknyaaa...

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar