Selasa, 25 Juni 2013

fusilli jamur carbonara




karena ini hanya pengantar imajinasi, maka kamu bebas menentukan bahan-bahan pendukung pasta carbonara.

kebetulan pasta yang ada di rumah adalah fusilli. kebetulan pula jamur shitake kering yang sudah saya rendam semalaman, raib begitu aja, dipakai untuk masakan lain oleh orang rumah dan hanya menyisakan air rendaman-nya saja. suka bikin gemes kadang-kadang kan, udah niat mau masak dari semalam sebelumnya, eh pas bangun tidur, bahan masakannya jadi masakan lain.

daripada terus mendongkol akhirnya saya pakai jamur lain. kebetulan masih punya jamur kuping di dapur yang rencananya akan digunakan untuk membuat kimlo. saya ambil sedikit untuk masakan kali ini.
ternyata ada pak sayur datang dan bawa jamur tiram, saya beli sebungkus kecil, 2ribu rupiah saja. dan siaplah saya bikin fusilli jamur carbonara.

yang pertama saya lakukan adalah merebus fusilli dan jamur kuping dalam air rebusan seasin air laut, garamnya banyak. setelah aldente saya tiriskan dan saya beri 1 sdm minyak goreng supaya enggak lengket.
setelah itu saya menumis bumbu. saya menumis cincangan 2 siung bawang putih, 1 sdt ketumbar halus (beneran kok enak, cobain aja), 2 sdm bawang bombay cacah dengan 3 sdm ayam giling. aduk hingga berubah warna, masukkan rajangan jamur tiram, beri garam dan lada. 

saya menyaring air perendam jamur shitake. saya ambil segelas untuk melarutkan 2 sdm susu bubuk. cairan itu saya gunakan untuk membikin saos carbonara-nya. tuang sedikit saja larutan susu jamur ini kemudian biarkan hingga meletup-letup dan kuah asat. masukkan lagi sisa setengah gelas susu dan biarkan nyemek. kemudian tuang fusilli dan jamur kuping yang sudah direbus ke dalam wajan. kecilkan api dan biarkan kuah kental menyerap ke dalam pasta. setelah asat campur dengan kopyokan kuning telur. aduk hingga berbutir. 

sajikan dan beri taburan keju cheddar parut.

please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar