Selasa, 18 Juni 2013

tumis lele daun jeruk



jangan buang-buang makanan. itu selalu yang dibilang bapak saya. karena itu kalau ada sisa lele goreng, saya mengolahnya menjadi masakan sederhana baru. bapak saya membenci lele goreng garing. dia tak suka makan ikan yang seharusnya berdaging lembab, menjadi kering dan garing karena proses menggoreng yang keliru. kata bapak, apa bedanya dengan makan ikan asin. karena itu di rumah saya, kami kalau menggoreng lele enggak pernah sampai kering. 

kadang-kadang memang orang rumah suka belanja makanan meskipun sudah ada masakan di rumah, jadinya apa yang dimasak hari itu tak tersentuh. nah, lele goreng kemarin itu kemudian disuwir-suwir dan ditumis dengan banyak bumbu, sehingga bisa dimakan lagi.



saya menumis ulekan jahe dan bawang putih, rajangan cabe rawit, daun jeruk, bawang bombay dalam 2 sdm minyak hingga harum. kepyur dengan air supaya bumbu tak gosong. beri saos tiram dan kecap, kepyur dengan air sehingga bumbu nyemek dan berenang. masuk lele suwir dan aduk-aduk, biarkan kuahnya asat dan menyerap ke dalam daging lele. 

jadi deh, tumis suwir lele yang aduhaaaaii enaknya... 

menghargai makanan yang kita makan dan tak membuangnya adalah salah satu cara menghormati diri sendiri, menurut saya.. orang terdidik malu lah menggadaikan akal sehatnya..

please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

1 komentar: