Selasa, 18 Juni 2013

sup masa kecil



nasi berenang

begitulah cara saya menyebut menu makanan favorit ketika masih kecil. mbak titiek pengasuh saya yang pandai memasak akan memberikan saya seporsi nasi dengan kuah sup yang banyak sehingga terlihat mengapung, saya menyebutnya nasi berenang. isian sup-nya ada di mangkuk lain demikian pula lauk ayam atau ikan dengan tempe dan tahu goreng ada di piring lain. saya memang repot sekali untuk urusan makan, harus cantik secara visual. mbak titiek tahu bahwa saya tak suka ada kol, buncis, kentang dan makaroni di dalam sup ala indonesia itu, dengan bumbu bawang putih, lada dan pala yang ditumis kemudian dicampur dalam kuah kaldu sayap atau ceker ayam.

waktu kecil saya suka memperhatikan mbak titiek memasak, terutama memasak sup, sebab dia menjejer bahan-bahan masakan di dalam tampah seperti irisan-irisan pie. mbak titiek mengukir wortel bentuk bunga,di sebelahnya dia letakkan kembang kol, brokoli, tomat dan daun bawang yang akan dimasukkan terakhir, serta sosis yang digurat-gurat supaya nanti ketika direbus berbentuk seperti gurita. 

setelah sibuk merajang dan menata bahan-bahan masakan, dia akan mendidihkan air untuk merebus ceker atau sayap ayam. mengulek bumbu dan menumisnya hingga harum, kemudian dituang ke dalam kuah sup. satu per satu bahan di dalam tampah masuk ke dalam panci. selama menunggu sup matang dia akan sibuk memotong tempe dan menggurat-guratnya, membumbuinya dengan garam, bawang putih dan ketumbar. saya duduk di sebelah dia, dengan celana dalam dan kaos singlet, menunggu dia memasak sambil ikut mendengarkan siaran radio pesona fm. Dapur sepi, sebab kakak belum pulang sekolah. ada lagu tito sumarsono mengalun lembut dan desisan tempe di goreng dalam minyak panas.

kenangan masa anak-anak itu terbawa hingga kini. saya selalu menyebut sup dengan bumbu bawang putih, lada dan pala itu sebagai sup masa kecil. 

kali ini saya membuat kaldu dari air perebus bola-bola daging. untuk membikin bola-bola dagingnya mudah. 



saya menyiapkan 350gram daging ayam giling, 1 butir telur, 1 sdt minyak wijen, 2 siung bawang putih ulek, garam dan gula pasir. saya aduk jadi satu hingga tercampur rata. kemudian saya letakkan di kulkas sebentar supaya dingin dan nantinya ketika akan direbus jadi lebih mudah di sendoki.

saya didihkan 1 liter air dengan 1 sachet kaldu ayam bubuk, 2 batang daun seledri dan daun bawang yang diikat, garam dan gula pasir secukupnya. setelah mendidih saya masukkan sesendok demi sesendok adonan ayam giling (saya gunakan sendok teh) hingga adonan habis. biarkan mendidih dan mengapung. kurang lebih 20menit. kemudian angkat bola-bola ayamnya dan tiriskan. saring kaldunya, siap digunakan untuk memasak sup.

tumis ulekan bawang putih,lada, dan pala dalam 1sdm minyak goreng hingga harum, masukkan bola-bola daging giling dan tumis bersama bumbu. tuang ke dalam air rebusan kaldu yang dididihkan. masukkan sayuran satu per satu mulai dari yang keras. sesederhana itu membikin sup masa kecil. sayurannya tentu bisa macam-macam, sekehendak hati.

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar