Senin, 24 Juni 2013

sup bandeng belimbing wuluh



bikin sup bandeng belimbing wuluh gampang banget. kalau gak suka bandeng karena banyak durinya bisa diganti bawal atau kakap, atau gurame, atau ikan lain yang kamu suka.

sup ini kesukaan bapak saya, rasanya kecut segar semegrak. ibu punya resep sup bandeng belimbing wuluh yang lain – nanti juga akan saya share, sup ibu agak lebih bening dari sup yang saya buat. 

nah kalau saya karena enggak suka ribet dan gak suka buang waktu, resep supnya juga gampang banget.
2 ekor ikan bandeng yang sudah dibersihkan sisiknya dilumuri air jeruk nipis dan garam. diamkan beberapa saat kemudian cuci bersih dan siap diolah.

saya mendidihkan seliter air dengan 1 sachet bumbu racik sayur asam. saya biarkan mendidih. menjelang mendidih masuk ikan bandeng dan semangkuk cacahan belimbing wuluh. saya cacah kasar dengan tujuan menciptakan rasa asam dalam kuah sup-nya. belimbing wuluh kloter pertama ini akan lunak dan hancur dengan sendirinya dalam rebusan kuah ikan bandeng. 



selama menunggu mendidih – saya masak dalam api sedang -  saya menghaluskan 1 sachet terasi mamasuka itu lho, dengan 5 siung bawang putih, 5 cabe rawit merah yang besar. saya juga merajang 3 cabe merah keriting. kemudian bumbu tersebut saya tumis dalam 2 sdm minyak goreng hingga harum. supaya tak gosong saya kepyur sedikit dengan kuah kaldu. kemudian tuang bumbu ke dalam rebusan sup. masukkan setengah mangkuk belimbing wuluh yang dirajang besar. icipi, beri garam seperlunya karena terasi-nya sudah asin. tambahkan sedikit gula pasir untuk menyeimbangkan rasa.

top markotop banget. masaknya gampang dan cepat.

oh ya kalau suka, juga bisa ditambah buncis.

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar