Rabu, 26 Juni 2013

martabak tofu udang



martabak tofu udang ini enak disantap sebagai teman makan nasi goreng oriental, nasi uduk, atau nasi gurih lainnya. teman makan mie goreng instant juga enak. buatnya super duper gampang lagi.

biasanya saya gunakan 2 bungkus tofu udang untuk bikin martabak legit ini, tapi karena ternyata di rumah ada setengah potong tahu cina yang besar, sekalian saja saya buat. jadinya malah padet dan enggak ambyar. kalau hanya menggunakan tofu udang saja, martabaknya agak tipis dan lembut. 



saya merajang cabe rawit merah 5 buah, 1 bawang bombay sedang besarnya, 3 batang daun bawang saya cacah halus. kemudian saya haluskan 3 siung bawang putih dan 1 sdt lada. campur dalam mangkuk besar. beri 1 sdm minyak wijen. campur dengan setengah potong tahu cina – kacang hijau – yang sudah dihancurkan. beri 1 sachet kaldu ayam bubuk. kemudian tambahkan 1 bungkus tofu udang dan 2 butir telur.
isikan dalam kulit martabak, bentuk amplop dan goreng dalam minyak panas yang banyak.

tips supaya martabak mu enggak ambyar dalam minyak panas, siapkan 30 lembar kulit lumpia lebar yang dijual di pasar. ambil 6 buah dan setiap lembarnya potong jadi 4 bagian. sekarang kamu punya 24 kulit lumpia lebar dan 24 kulit lumpia seperempatan.

saya kebetulan enggak mengerjakan isian martabak satu demi satu hingga habis baru kemudian digoreng. iu hanya bikin kulit lumpianya becek dan basah dan ketika digoreng ke dalam minyak panas jadi berantakan.
nah, dalam telapak tangan saya yang lebar, saya letakkan di tangan kiri satu lembar lumpia lebar, kemudian di tengahnya saya beri seperempatan kulit lumpia, kemudian isikan 1 sdm adonan isi. langsung tutup dan lipat menyerupai amplop. dalam posisi terbalik (bagian lipatan ada di bawah) surung pelan-pelan martabak tofu dari bibir wajan ke arah minyak, biarkan menutup dengan sendirinya. 

kerjakan hingga adonan habis. tak lupa cek gorengan di wajan.

tips-nya panaskan wajan dengan api besar hingga panas, setelah martabak masuk, kecilkan api, sehingga kulit lumpia enggak gosong dan bagian dalam martabak matang sempurna.

tiriskan dan beri tisu dapur untuk menyerap minyak.

sajikan hangat... bawang bombay dan bawang daunnya menimbulkan sensasi manis, pedas cabe rawit menggigit, minyak wijen-nya bikin rasa adonan tahu jadi sempurna, gurihnya tofu udang dan kriuk-nya kulit lumpia... cocok banget untuk jadi teman makan nasi dan mie. 


 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar