Senin, 24 Juni 2013

tumis tahu santan belimbing wuluh



ibu pulang ke rumah bawa satu kresek belimbing wuluh. selama seminggu di rumah kami full masak makanan menggunakan belimbing wuluh. tadinya bingung tapi lama-lama mengerti, setiap masakan yang membutuhkan asam jawa, kan bisa diganti dengan belimbing wuluh. 

kali ini saya memasak tumis tahu belimbing wuluh bumbu santan. masaknya mudah banget. 

sebuah tahu cina yang besar dipotong kubus, beri garam, kemudian goreng sebentar dalam minyak panas hingga berkulit. tak perlu lama-lama menggorengnya. tujuannya supaya tahu kokoh ketika direbus dalam kuah santan. sisihkan tahu dan kita siapkan bumbu.



haluskan 4 cabe merah, 4 bawang merah, 4 bawang putih, 1 ruas lengkuas. tumis  3 sdm daging ayam giling dalam minyak panas, masukkan bumbu halus serta daun salam. aduk hingga rata serta berubah warna. kepyur dengan air agar daging tak kering dan bumbu tak gosong. beri garam dan gula pasir secukupnya.
masukkan tahu goreng dan aduk rata. tuang satu kotak kecil santan instan ke dalam tumisan tahu. beri segelas air dan biarkan mendidih. masukkan semangkok rajangan belimbing wuluh dan beberapa butir cabe rawit merah utuh. masak hingga kuah menyusut. icipi. beri garam dan gula pasir sesuai selera.

begitu saja, gampang dan sederhana.

waktu saya mau foto tumisan sederhana ini, ehh tinggal sedikit yang tertinggal di meja. enggak cukup buat kebutuhan makan saya. kemudian dalam teflon saya menggoreng telur ceplok dengan 1 sdm minyak, beri garam sedikit, aduk cepat tak lebih dari 30 detik (saya benci telur keras). kepyur dengan air sehingga telur tetap lunak dan masukkan semangkok kecil tumisan tahu santan belimbing wuluh. masak sampai telur scrambled meresap bumbu. tuang ke atas nasi hangat...

sederhana dan enaaakk...

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar