Rabu, 26 Juni 2013

perkedel jagung udang



tahun 2008 hingga 2009 saya rutin terapi ke bandung seminggu 2 kali. setiap hari sabtu sepupu saya nganterin ke bandung untuk berobat. kami selalu makan di rumah makan ampera, dan perkedel jagung mereka selalu jadi side dish yang saya pilih.

bikin perkedel jagung sendiri yuk. gampang. setiap rumah tangga punya resepnya sendiri, kalau saya, begini cara buat perkedel jagung :



siapkan 200 gram udang. kupas dan bersihkan dari kulit dan kepalanya. kemudian buat kaldu udang dengan menyangrai kulit serta kepala (tanpa minyak) di dalam panci hingga berwarna merah. masukkan ulekan seruas jahe dan 2 siung bawang putih. tambahkan 3 gelas air, beri garam dan gula pasir. biarkan mendidih kemudian saring. nah jadi deh kaldu udang. siap diolah untuk beragam masakan.

hal yang saya kerjakan kemudian adalah menyisir jagung. kalau jagungmu manis gak perlu tambah gula, kalau beli jagung yang tak manis, tambahkan gula pasir, rasanya sama aja, serius deh. saya siapkan semangkok wortel parut dan semangkok rajangan daun bawang. untuk bumbu halusnya saya menumbuk bawang putih dan cabai rawit merah.

biasanya saya menyisir 4 jagung, kemudian pipilan jagung itu saya becek-becek kasar menggunakan muntu, dengan tujuan supaya ketika digoreng enggak meledak biji-biji jagungnya. ambil sepertiga pipilan jagung dan blender dengan satu gelas kaldu udang. tuang ke dalam baskom bumbu halus, blenderan jagung dengan kaldu, pipilan jagung, wortel parut, rajangan daun bawang, udang cacah. beri 1 sachet kaldu ayam bubuk. aduk hingga tercampur rata. beri 1 butir telur ayam.

kemudian siapkan 1 gelas tepung terigu, 1 gelas tepung beras, dan 1 gelas tepung tapioka. tuang sedikit-sedikit hingga adonan dalam waskom mengental. tuang juga sedikit-sedikit sisa kaldu udangnya. penggunaan tepung enggak harus semuanya dipakai, pokoknya begitu kental adonan-nya, stop, berhenti. adonan perkedel-nya jangan encer ya nanti enggak jadi.

panaskan wajan dengan minyak. goreng 1 sdt adonan bakwan. icipi. kalau kurang asin atau manis bisa ditambah, garam dan gula pasir, daripada seluruh pengerjaan menggoreng berantakan. kalau rasanya pas baru deh digoreng  sesendok sesendok hingga adonan habis. 

karena jagungnya ada yang diblender, maka hasil perkedel-nya jadi kuning, cantik banget.

kalau kamu mau ngirit, pakai saja kaldu udangnya, sementara udangnya digunakan untuk masakan lain. sebagai pengganti udang dalam bumbu halus tambahkan 1 sdm ketumbar. nah kalau kamu pakai ketumbar, tambahkan rajangan daun seledri supaya perkedel jagungmu makin harum. 

suatu hari saya kehabisan stok ketumbar, akhirnya untuk bikin perkedel jagung ekonomis tanpa udang (hanya pakai kaldunya saja) saya tambahkan 1 sdm mustard. ehh enak lho..serius..cobain aja...

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar