Rabu, 26 Juni 2013

ayam bumbu rujak






yuk kita bikin ayam bumbu rujak. kuahnya bisa dibikin encer atau kental sekehendak hati. supaya lebih banyak lauknya juga bisa disertakan aneka macam tahu (tahu cina, tahu kuning, atau tahu kulit) dan tempe, ati ampela ayam juga oke, tambahkan kental kecil dan kacang koro juga sip.

saya gunakan seekor ayam dan 15 buah tahu kulit untuk membikin makanan ini. seperti biasa tahu kulitnya direndam dulu dalam air mendidih selama beberapa saat. kemudian tiriskan dan peras supaya hilang minyak jelek bekas mengoreng tahu kulit.

hal yang saya kerjakan selanjutnya selagi menunggu cem-ceman tahu adalah memeras kelapa parut. tuang 2 gelas air dan dapatkan santan kental 2 gelas. sisihkan. setelah itu tambahkan 3 gelas air dan buat santan encer.

santan kelapa beres, saanya mengulek bumbu. saya menghaluskan 10 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, segenggam cabe merah keriting, seruas jari kunyit – lengkuas – jahe, 7 butir kemiri, dengan garam dan gula pasir. kemudian saya bundel 4 batang sereh, merajang halus 3 tomat mengkal. dan tak lupa daun salam 2 lembar.

tumis dalam 4 sdm minyak goreng bumbu halus yang banyak itu, aduk hingga harum. masukkan tomat dan aduk rata hingga tomat hancur. beri daun salam dan sereh. tuang segelas santan encer, aduk rata dan biarkan mendidih. masukkan tahu kulitnya. aduk hingga tercampur rata. tuang segelas santan encer. 

setelah tahu kulit berenang dalam kuah merah, masukkan potongan ayam, tuang segelas santan encer terakhir dan aduk-aduk. tutup wajan dan biarkan agak asat. setelah kuah berkurang, masukkan 2 gelas santan kental. aduk rata. icipi bumbunya. tambahkan kaldu bubuk rasa ayam bila perlu. masak hingga berminyak.
 
sajikan. 
enak dimakan dengan bubur, nasi hangat, lontong atau ketupat. 


 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar