Sabtu, 15 Juni 2013

sosis goreng siram saus bolognese





suatu hari kawan saya mengadakan pesta ulangtahun sederhana bagi pacarnya. kami rencananya akan makan-makan di kampus, ada ruangan sekre yang bisa dipakai. saya dan sahabat saya ellen masak-masak untuk acara itu.  saya kebagian masak sosis goreng siram saos bolognese. 

untuk membuat saos bolognese kental saya gunakan puree terong. rasanya jadi lezat banget.

saya gunakan sekilo daging giling untuk membikin saos bolognese. 2 buah bawang bombay yang besar – 1 dicacah kasar, 1 dicincang halus. 2 buah terong besar dipotong kotak kecil. 6 buah tomat merah besar. segenggam bawang putih. oregano,thyme rosemary. 2 botol saus spaghetti delmonte. 1 mangkok besar rajangan jamur merang segar.

pertama kali yang saya kerjakan adalah menumis jamur merang dengan butter, tanpa menambahkan bumbu apapun karena jamur menyerap rasa. setelah layu saya sisihkan.

setelah itu saya menumis cacahan kasar bawang bombay dengan terong. saya beri oregano, thyme, dan rosemary, garam dan gula pasir sedikit. saya masukkan 2 buah tomat cacah. aduk-aduk hingga tomat hancur. sisihkan kemudian blender panas-panas. beri sedikit saja air bila perlu (hati-hati memblender karena panas sekali, tangan bisa terbakar). jadilah puree terong yang kental untuk saus bolognaise ini.

kemudian dalam wajan yang sama saya menumis bawang putih dan cacahan halus bawang bombay. masuk daging giling. aduk hingga berubah warna. beri garam, lada, oregano, thyme dan rosemary. aduk dalam api besar. kemudian masuk 4 buah tomat cacah. beri gula pasir. tanpa menambah air aduk tumisan daging dan biarkan tomat lunak dengan sendirinya. setelah tomat lunak masukkan puree terong. beri segelas air dan masak hingga meletup-letup. icipi rasanya. setelah meletup-letup masukkan 2 botol saos spaghetti delmonte untuk menguatkan rasa. tak lupa isi masing-masing botol dengan air dan bersihkan sisa saos, tuang ke dalam wajan. kecilkan api dan biarkan simmering sampai agak asat karena yang kita cari adalah saos bolognese yang pekat. menjelang diangkat, masukkan tumisan jamur merang, aduk rata. siap disajikan

saos-nya jadi kental karena puree terong tanpa ada rasa terongnya. daging gilingnya juga masih kerampul-kerampul berenang di kuah pekat. kalau saya suka saos bolognese ini dominan rasa gurih manis oregano. tapi ini tentu soal selera. tata sosis goreng yang digurat-gurat sehingga mirip gurita dalam wadah. tuang dengan saos bolognese kental ini.. dimakan dengan nasi enak, singkong enak, ubi enak.. pasta enak .. roti bakar enak .. hmm

kalau mau adventurous lagi, bisa juga lho ditambahkan kacang merah presto untuk bolognese model gini. bumbunya bisa ditambah pala. bisa juga dengan ketumbar (tanpa pala). jamurnya pun bebas – jamur tiram juga enak. ditambah parutan wortel juga okeeh.. sesuka-sukanya deh.. 

yang penting kumpul dan gembira ....


 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar