Selasa, 25 Juni 2013

bacem tempe belimbing wuluh






tadinya saya lugu (sekarang masih denk) saya enggak ngerti masakan apa lagi yang bisa dimasak dengan belimbing wuluh. kalau musim belimbing wuluh tiba, rumah kami memang sering dihadiahi sekeranjang belimbing wuluh dari tempat ibu bekerja.

untunglah sahabat saya E membuka mata saya. saya jadi ngeh bahwa makanan apapun yang menggunakan asam jawa bisa diganti dengan belimbing wuluh. ckckckckk.. kok ya selama ini enggak ngeh tho yaa...
jadilah, saya masak bacem tempe dengan belimbing wuluh.

tadinya saya ingin menunggu keesokan harinya untuk membacem ayam dengan tempe, supaya ungkepan tempe bacemnya makin gurih karena kaldu ayam dalam proses membacem. begitu lihat ke dapur, duh rupanya tempe yang saya beli hari itu lupa dimasukkan ke kulkas, sehingga dia terus terfermentasi, jadi panas. akhirnya untuk uji coba (karena yakin besok toh masih bisa bikin bacem lagi) sore-sore saya buat deh baceman tempe belimbing wuluh. 

biasanya kalau saya membacem ayam bukan menggunakan air putih, melainkan air kelapa. ini membuat baceman jadi makin legit.

nah untuk sepapan tempe yang siap dibacem saya mengulek halus 10 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar, seruas lengkuas. saya mencacah kasar sebuah gula jawa. tata tempe dalam wajan, tuang dengan bumbu, masukkan daun salam dan garam. tuang air hingga terendam dan semangkuk rajangan belimbing wuluh. untuk menguatkan rasa saya juga menambahkan gula pasir dan kaldu ayam bubuk, biar warnanya cantik saya beri 3 sdm kecap manis. siap deh dibacem. rebus sampai air habis.

malam-malam digoreng dan habis digado. tempe bacem goreng favorit saya itu kalau ada gosong-gosongnya, legiittt banget. anget, harum, asem,manis,gurih..ueenakk.

kalau pakai air kelapa dan dibacem barengan ayam, pasti lebih enak lagi.

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar