Rabu, 26 Juni 2013

masak ayam ala sate ambal

   
sate ambal asalnya dari kebumen. karena saya enggak punya bakaran saya bikin ayam ungkep yang kemudian digoreng sebentar asal berkulit kemudian disiram dengan bumbu tempe..sedapnyoo..
 
yukk kita buat sendiri...

pertama ungkep ayam dengan bumbu halus. untuk setengah kilo daging ayam saya menghaluskan 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar, sedikit lada, jintan dan pala, 5 cabe rawit merah, 4 kemiri, seruas jahe, sebuah gula merah. ungkep hingga air susut. 

kemudian goreng sebentar asal berkulit, enggak perlu kering-kering, baru deh dibalut dengan saos tempe.
parut tempe (sedikit saja, 100 gram mungkin ya). haluskan 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 3 cabe merah keriting, kunyit, garam dan gula merah. 

tumis bumbu halus dalam minyak panas. masukkan 2 lembar daun jeruk, aduk rata. kemudian masukkan tempe. tuang setengah gelas air dan biarkan nyemek sambil diaduk-aduk hingga hancur. kalau sudah hancur tuang 1 sachet kecil santan instant. beri sedikit air dalam kardus santan dan tuang ke atas wajan. masak dalam api kecil hingga meletup-letup dan nyemek / asat airnya. icipi rasanya. campur ayam dalam tumisan kuah tempe. 

jadi deh.. enak dimakan dengan lontong atau ketupat. 

dengan bumbu yang sama kamu bisa tumis daging giling dengan saus tempe tadi. lalu siram di atas terong goreng. enak deh...
 

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar