Sabtu, 15 Juni 2013

tahu kulit rasa legit



kalau kamu beli tahu kulit dipasaran, kadang-kadang ada aroma minyak tanah-nya. kalau tak dibersihkan terlebih dahulu dan langsung diolah dalam masakan, maka masakanmu jadi rusak rasanya.

setiap kali beli tahu kulit, yang saya lakukan pertama kali adalah membersihkannya. saya rebus tahu kulit tersebut dalam air mendidih. kemudian saya biarkan dingin dan saya peras. itu minyak jelek dari dalam tahu jadi keluar semua. tahunya jadi agak kempes, tapi enggak apa-apa, siap dimasak dan diolah.

setelah tahu bersih, yang biasa saya kerjakan selanjutnya adalah membacem-nya supaya tahu kulit saya punya rasa. nanti tahu bacem itu tinggal di stok ke dalam kulkas dan siap digunakan dalam aneka jenis olahan masakan. sebetulnya membacem itu kan menggunakan gula jawa dan kecap supaya jadi coklat. tapi untuk tahu kulit ini saya membacemnya dengan gula putih supaya warna coklat dari gula jawa dan kecap enggak masuk ke dalam warna tahu.

saya mengungkep tahu dengan ulekan bumbu bawang putih, bawang merah, ketumbar, salam, laos dan air kelapa. membacem memang enak dengan air kelapa. setelah matang tinggal di stok dalam kulkas.



dalam foto kali ini saya punya sisa kuah kaldu sop bening. kaldunya dari kaldu ceker yang bergelatin dengan bumbu bawang putih, lada dan minyak wijen. 

saya menumis jamur shitake yang kinyil-kinyil dengan rajangan, daun bawang, bawang putih dalam minyak wijen. kemudian dimakan dengan bihun, rajangan tahu dan kuah sop. ini makanan yang ringan tapi kaya bumbu.


 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar