Selasa, 18 Juni 2013

ayam tumis bumbu terasi






kalau biasanya saya mengungkep ayam kemudian menggorengnya, sekarang terbalik. saya menggoreng ayam baru kemudian mengungkepnya.

potongan ayam saya rendam dalam larutan asam dan garam. kemudian digoreng sebentar. sisihkan.
saya menumis terasi dengan banyak sekali rajangan bumbu : bawang putih, bawang merah, cabe keriting dan cabai hijau. tak lupa daun salam dan lengkuas disertakan saat menumis. masuk ayam goreng ke dalam wajan. aduk-aduk hingga rata. tambahkan segelas air panas (bukan air dingin yang saya masukkan tetapi air panas supaya proses mematangkan ayam tak berhenti). beri garam dan gula jawa secukupnya. masuk rajangan belimbing wuluh yang banyak (saya mencacahnya sehingga belimbing wuluhnya larut dalam kuah kaldu). 

tutup wajan dengan penutup dan ungkep ayam hingga kuah habis. bila ayam kurang empuk, tambahkan lagi segelas air panas dan ungkep hingga kuah habis. sambil sesekali di cek citarasanya. kadang menambahkan air bikin asin jadi berkurang. pokoknya citarasa tumisan ayam ini mirip garang asem ayam, hanya tak ada aroma daun pisangnya saja. 

siap disajikan deh dengan nasi hangatt... hmm nikmat.

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar