Senin, 24 Juni 2013

tim telur semur






mari kita selamatkan makanan. kuah kaldu pun masih bisa kita manfaatkan lho.

bapak saya punya sisa kuah kaldu semur yang legit dan enak, dengan harum pala dan lada yang menyengat, gurihnya saos tiram, dan legitnya kaldu ayam. hmm.. aduhaii..  kentang yang ikut disemur bapak pun punya rasa yang gurih legit menggigit, bumbunya merasuk sampai ke dalam.. 

akhirnya saya mengetim ½ gelas kuah kaldu semur dengan 1 butir telur kocok. harusnya sih perbandingan kuah kaldu dan telur seimbang. tapi karena gak pengen makan banyak telur banyak-banyak, akhirnya perbandingan kaldu dan telur-nya 2:1

cara bikinnya sederhana, seperti mengetim coklat. didihkan air dalam panci, kemudian letakkan panci lain di atas didihan air, kecilkan api dan biarkan simmering. kebayang kan, ada panci kosong di atas panci dengan air mendidih. 

kalau belum terbayang, kamu bisa search youtube dan ketik heston blumenthal, waitrose, scrambled eggs. dia chef yang saya sukaaaa banget. nanti kamu ngerti deh gimana cara bikin dish ini – dengan bahan seadanya dan enggak mahal tapi ya, ehehee..

nah tuang kaldu semur dan kocokan telur di atas wadah mengetim, aduk pelan-pelan sampai berbutir-butir..
sudah, sesederhana itu. campur lagi potongan kentang semur biar kenyang makannya. biar makin nampol saya tambahkan simple bruschetta, roti pentung dioles tuna mayo kalengan.. hmm.. enaaakk..

pokoknya kita gak boleh buang makanan ya, enggak menghargai hidup namanya. 

semoga dapet ide gimana caranya menyelamatkan kuah kaldu semur ya setelah baca postingan ini.



kalau kamu punya kaldu bersantan seperti opor dan gule, campur saja dengan telur kocok, lalu gunakan untuk membalut roti dan goreng dalam margarine. jadi deh french toast yang gurih. tetangga saya agnes dan adek-nya sueenneeng betul waktu saya bikinin french toast rasa opor ayam. nanti kapan-kapan saya share resepnya di sini.

please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar