Minggu, 09 Juni 2013

mie goreng instant rumahan



kebanyakan orang indonesia punya warisan cerita tentang mie instant, yang rebus atau yang goreng. demikian pula saya. sejujurnya saya tak tahu harus memulai cerita itu dari mana, karena ada banyak kenangan berhamburan di dalam kepala saya. saya tahu bahwa mie instant itu enak, terserah orang bilang gak enak, pokoknya buat saya enak, terutama pas banget untuk makanan darurat di malam hari. 

well, orang tua saya perantau. mereka berjuang hidup di jakarta selama puluhan tahun, seperti delapan juta perantau lainnya yang cari makan di jakarta. mereka tiba di jakarta pada tahun 70an. saya tentu saja belum lahir. setiap bulan juni tiba, setiap ada iklan mie instant seliwar-seliwer di televisi, bapak saya yang puji tuhan sudah berusia 63 tahun itu selalu nyeletuk... “jaman awal-awal ada supermie, bapak sama mama sampai bela-belain jauh-jauh dateng ke PRJ, cuma buat beli satu kardus mie instant rebus.”

itu tentu saja bukan cuma menghadirkan tawa tapi juga kesadaran, betapa kehidupan berlangsung, roda berputar, di tengah-tengah perjalanan tersebut ada pergeseran identitas di sana-sini, renik-renik hidup yang mewarnai jatah hidup kita di dunia.




di rumah saya, beginilah penampakan simple dish mie goreng instant yang paling sering dibuat. kami merebus mie dengan potongan sosis, secuil bawang putih dan cabe rawit utuh. (bawang putih dan cabe rawitnya tergantung selera dan kebutuhan untuk menambahkan rasa pada jumlah takaran mie yang tengah direbus). menjelang mie matang, tauge masuk. sebelum krenyes-nya hilang kompor segera dimatikan. kemudian mie, sosis dan tauge ditiriskan hingga habis air perebusnya. di dalam piring saji kami gerus cabe rawit dan bawang putih kemudian mie dicampur dengan bumbunya. setelah tercampur rata mie ditaburi rajangan halus daun bawang dan serundeng kelapa. 

jadilah..

mie goreng instant yang masih akan punya cerita hingga tahun-tahun mendatang..

please give it a try

until then berkah dalem.. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih sesuai sama seleramu ..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar