Sabtu, 15 Juni 2013

sup krim ayam jamur




kita bikin sup krim ayam jamur yukk.. untuk menemani hati yang gelisah... ihhiiiyy..

saya bikin semuanya dari scratch. dan sup krim yang saya suka kuahnya enggak terlalu kental karena itu hanya bikin saya makan tepung saja. kalau mau kental kaldunya sebaiknya memang dari puree sayuran sehingga hasil supnya juga legit. tapi kali ini saya enggak pakai puree-puree an.

jangan pakai tepung maizena untuk mengentalkan, nanti ketika dingin sup-nya, jadi encer. nah kalau makan sup-sup instant di restoran ayam goreng tepung itu, atau ifumie di restoran yang logonya warna ungu, suka encer kan ketika dingin, mungkin mereka pakai maizena – gak papa sih kalau mau pakai juga, tapi kalau mau tetap kental, roux-nya pakai tepung terigu saja.

okay, saya punya sebuah dada ayam. dalam 3 gelas air mendidih saya rebus dada ayamnya dengan semangkuk rajangan wortel (wortel masuk 10 menit setelah ayam masuk, total merebus kira-kira 15 menit) dan sebundel seledri . setelah ayam matang saya saring kaldu dan ayamnya disuwir-suwir. siap dimasak.
kebetulan saya punya jamur shitake kering. jamur itu saya rendam dalam segelas air. hingga mengembang (semaleman kalau mau hasilnya bagus). kalau belum terbiasa makan jamur shitake rasanya memang ada aroma pete-nya (menurut teman saya yang agak picky eater) tapi kalau buat saya sih enak-enak aja.
jamur shitake yang telah mengembang saya iris tebal. air perendamnya yang coklat saya saring dan saya campur dengan kuah kaldu ayam. kaldunya jadi berubah coklat, enak banget.

saya menumis bumbu halus bawang putih, pala, lada dengan olive oil – kalau gak ada pakai sedikit saja minyak goreng. masukkan jamur shitake, beri garam dan kepyur dengan kuah kaldu supaya bumbu enggak gosong. masukkan 3 sdm tepung terigu sambil diawur-awur diatas panci. aduk rata, itulah roux. tuang sedikit-sedikit segelas kaldu ayam jamur. biarkan meletup-letup. masukkan ayam suwir dan wortel.aduk rata. masukkan sisa kaldu dan segelas susu. biarkan sesaat hingga kaldu ayam jamur tercampur rata. matikan api. masukkan rajangan halus 2 batang daun bawang. 

wortel-nya saya suka banget karena enggak perlu tenaga untuk ngunyah, empuk (ini selera sih, kalau mau sayur rebus yang firm kokoh juga boleh), jamur shitake-nya kinyil-kinyil, kaldunya sedap. hmm..
siap disajikan hangat. dimakan dengan cruton (roti dipotong kubus dan dipanggang sebentar) kalau susah bikin cruton pakai roti apa saja yang di toast dalam teflon. atau dengan cracker asin. 

oya sayuran pengisinya bisa ditambah jagung manis pipil, buncis, kacang polong, kacang merah. sesukamu...


 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar