Selasa, 25 Juni 2013

tempe mendoan






tempe mendoan dimakan hangat-hangat.. mmm.. nikmatnya.. digado atau jadi lauk makan juga asik.
biasanya kalau saya bikin mendoan, berbarengan dengan saya bikin bola-bola daging giling. sebabnya air kaldu perebus bola-bola daging giling itu saya gunakan untuk membikin adonan tepung mendoan.

kalau orang lain mengiris tempe persegi panjang untuk mendoan, saya beda, saya potong bentuk persegi, supaya makannya gampang. ah iya, menggoreng mendoan begini ini, begitu diangkat dari wajan langsung habis disikat soalnya. gak pakai acara tunggu-tungguan, memang begitu sih, soalnya mendoan paling enak dimakan panas, dengan sambal kacang atau begitu saja tanpa menambah bumbu apapun.

okay, cara buat mendoan gampang. potongan tempe saya bumbui dengan sedikit air dan kaldu bubuk supaya sudah ada rasanya. sambil menunggu meresap saya mengulek bumbu. ketumbar, kunyit, bawang putih, garam. membikin adonan mendoan mesti kental sekali. kalau encer gak jadi nanti mendoan-nya.

biasanya saya mencampur segelas tepung terigu dengan setengah gelas tepung beras. masuk bumbu halus dan rajangan daun bawang. tuang sedikit-sedikit dengan kuah kaldu daging, supaya bisa memastikan kekentalan tepung. panaskan minyak di wajan dan goreng sebuah tempe mendoan. icipi dulu rasanya, kalau sudah pas baru deh goreng semua tempe. daripada goreng banyak tapi rasanya anyep atau keasinan, kan lebih baik coba dulu goreng satu.

sudah deh, gitu aja..sipp..sedep

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar