Sabtu, 15 Juni 2013

tumis tahu udang bumbu tauco



ada alasan mengapa saya suka masak sendiri. saya enggak gampang percaya orang, itu alasan pertama. saya percaya sama keterampilan yang saya miliki, itu alasan kedua dan ternyata alasan yang paling penting. masak itu tentang balance, rasa mesti balance, managemen waktu tepat, api tepat, dan itu yang saya suka : memiliki waktu sendiri untuk bersenang-senang.

kelihatannya bikin tumisan ini mudah. tapi kalau salah urutan pengerjaan jadinya gak optimal.
saya kepingin udang saya tetap lembab dan enggak kelot-kelot karena kelamaan dimasak dalam wajan tetapi tahunya menyerap rasa tauco yang strong banget itu.

nah, keterampilan seperti ini sering enggak dikasih tahu di buku-buku resep masakan. kita harus mengenali-nya sendiri lewat pengalaman memasak. itulah yang bikin saya penasaran sama kitab  masak para chef, karena dengan bahan dan bumbu yang sama tapi management waktu dan panas api beda, hasilnya akan beda.



hati-hati memasak dengan bumbu tauco ya..strong banget soalnya rasanya. mesti dilihat itu tauco asin atau manis. salah kepyur garam bikin rusak masakan. menuangkan tauco ke dalam masakan juga sesuai selera, ada yang suka sedikit ada yang banyak. saya pas-pasan, enggak dikit enggak banyak. 

tahu kuning yang dijual di pasaran juga sudah asin dan sering ada sensasi asam-nya, persis seperti tauco yang terfermentasi, aroma asam yang enak. 

hal pertama yang saya lakukan adalah menumis dalam minyak panas rajangan bawang putih, bawang merah dan cabe rawit. kemudian masuk 1 sdm tauco asin (saya tak menambahkan garam lagi). sekarang di wajan tampak bumbu berenang. saya kepyur air sedikit dan saya beri 2sdt gula pasir, salam serta laos. masuk  5 tahu kuning yang sudah dirajang. kepyur dengan air dan aduk-aduk hingga menyerap bumbu.  

(rasa asin dan manis yang beradu dalam tumisan tauco ini juga soal selera. kalau saya suka dominan asin ketimbang manis, meski ketika mengunyah tetap terasa ada manisnya.)

kemudian singkirkan sebentar tumisan lembab tahu kuning ke pinggir wajan. masukkan 1sdm minyak goreng. tumis cabe hijau dan masukkan semangkuk udang yang sudah dibuang kulitnya. aduk-aduk 2 menit sambil dikepyur air. supaya bumbu dalam tahu kuning keluar, dengan sutil (spatula untuk menumis itu) tekan-tekan tahu sedikit sehingga bumbunya bercampur dengan seluruh isi tumisan. tutup wajan dengan penutup. masak kira-kira 2 menit. icipi rasanya. angkat dan sajikan.

sekarang tahunya berasa tauco banget. udangnya tetap lembab dan manis. cabe hijaunya masih krenyes dan enggak langu.


 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar