Senin, 24 Juni 2013

lodeh cemplung



sejujurnya saya enggak terlalu menikmati sayur lodeh, entah kenapa. mungkin karena bentuknya yang ublak ubluk itu. tapi mesti diakui juga, makan sayur lodeh dengan nasi anget dan ikan asin bulu yang ditepungin dan dibumbu balado itu juga enak banget.


well, masak lodeh itu gampang, tinggal ublak ubluk aja.

dari sebuah parutan kelapa saya bikin santan kental 2 gelas. sisihkan. kemudian bikin 3 gelas santan encer.
berhubung bapak saya udah tua dan harus makan yang agak lunak, dan kebetulan juga dia ngidam kacang koro yang dibawain jauh-jauh dari malang oleh sepupu saya, maka 3 gelas santan encer itu digunakan untuk merebus kacang koro duluan.

selama menunggu mendidih saya menyiapkan rajangan 3 cabe merah keriting, 3 cabe hijau, 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, lengkuas geprek, 2 lembar daun salam, dan sedikit terasi yang dilarutkan dengan 8 sdm air rebusan kacang. 

bumbu siap. di atas kompor, rebusan kacang koro menggelegak, saya masukkan semangkuk daging tetelan, tambahkan sedikit air dan rebus bersama kacang. karena kepingin praktis saya masukkan 1 sachet bumbu racik lodeh serta larutan terasi dalam rebusan kacang dan daging. 

setelah mendidih saya masukkan 2 gelas santan kental, rajangan bumbu, semangkuk kacang panjang, semangkuk terong hijau. aduk-aduk perlahan supaya santan enggak pecah. menjelang mendidih masukkan segenggam daun melinjo. icipi rasanya...beri garam dan gula pasir sesuai selera.

sudah deh, jadi lodehnya..

lebih enak lagi kalau lodehnya pakai rebung dan daging sandung lamur. ibu saya punya resepnya, dengan bumbu halus yang komplit, nanti kapan-kapan saya share di sini. 

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar