Kamis, 13 Juni 2013

mie kangkung bola-bola daging dengan terong tempura



dish ini agak ribet tapi cocok banget dimakan saat ada kumpul-kumpul bareng kawan, reuni kecil-kecilan di rumah.

saya menyediakan indomie goreng instant untuk setiap orang. kemudian saya membuat tumisan kangkung wortel bumbu terasi, tempura terong, dan bola-bola daging ayam giling.

yang pertama kali saya kerjakan adalah membikin bola daging ayam giling. saya menyiapkan 350gram daging ayam giling, 1 butir telur, 1 sdt minyak wijen, 2 siung bawang putih ulek, garam dan gula pasir. saya aduk jadi satu hingga tercampur rata. kemudian saya letakkan di kulkas sebentar supaya dingin dan nantinya ketika akan direbus jadi lebih mudah di sendoki.

saya didihkan 1 liter air dengan 1 sachet kaldu ayam bubuk, 2 batang daun seledri dan daun bawang yang diikat, garam dan gula pasir secukupnya. setelah mendidih saya masukkan sesendok demi sesendok adonan ayam giling (saya gunakan sendok teh) hingga adonan habis. biarkan mendidih dan mengapung. kurang lebih 20menit. kemudian angkat bola-bola ayamnya dan tiriskan. saring kaldunya untuk membikin adonan tempura.

ambil sedikit kuah kaldu (bagi 2 kaldu untuk merebus mie dan untuk membuat adonan tepung tempura) untuk merebus mie instant goreng. tiriskan mie dan campur dengan bumbu instant mie goreng. sisihkan.
yang saya kerjakan selanjutnya adalah menumis kangkung dan wortel dengan bumbu terasi. saya sertakan sedikit daging ayam giling dalam menumis supaya rasanya lebih enak. 



tumis 3 sdm ayam giling dengan ulekan 1 ruas jahe, terasi, 3 cabe rawit merah, 3 siung bawang putih. beri garam secukupnya. masukkan wortel serut,aduk rata, kepyur dengan sedikit kuah kaldu. masukkan kangkung dan aduk cepat hingga layu. kalau perlu kepyur sedikit dengan kuah kaldu. setelah matang, angkat, sisihkan.

untuk tempura terong, buat adonan tepungnya dengan kuah kaldu bola-bola daging ayam. masukkan tepung terigu dan tepung beras. adonan mesti kental supaya tempura terong bisa digoreng dan terongnya tak menyerap minyak. dalam adonan tepung sertakan ulekan kunyit,ketumbar, garam, dan bawang putih supaya adonannya ada rasanya. goreng sebuah terong tempura dan icipi. bila rasanya belum pas, tambahkan bumbu seperlunya.

iris terong sekehendak hati dan kepyuri dengan garam sedikit. celup satu per satu ke adonan tepung dan goreng dalam minyak banyak serta bersih. angkat, tiriskan. 

jadi deh mie kangkung bola-bola tempura terong. tempura terongnya dikerjakan terakhir supaya masih hangat dan krenyes ketika dimakan dengan mie goreng. 

enaaakk

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar