Rabu, 26 Juni 2013

tahu susur



saya punya ingatan yang tajam, kadang rasanya seperti kutukan ketika dapat mengingat berbagai peristiwa hingga detail terkecil, baju apa yang dipakai orang-orang saat itu, suasana yang menyergap diri saya dan sebagainya, meskipun kejadian itu sudah terjadi beberapa dekade silam.

setiap kali membuat sendiri tahu susur, saya selalu terkenang simbah, dengan pawonnya yang kotor serta gelap, rumah di desa. jariknya yang itu-itu saja serta kaos kerja yang telah lusuh. meski kebutuhan sandang dan pangan cukup, simbah saya selalu sederhana. ia pernah melewati masa-masa sengsara perang belanda dan jepang. ia juga pernah ikut keluarga belanda yang bermukim di jakarta. itu sebabnya dia teramat senang makan keju dan roti. 

setiap kali liburan sekolah ke rumah simbah, ia selalu memasakkan makanan kesukaan saya : tahu susur, rempeyek udang rawa, tahu campur, sambal goreng krecek jantung ayam serta mangut iwak kutuk (ikan gabus, dan please huruf k di belakang iwak dan kutuk harus dilafalkan separo, letakkan lidah di setengah langit-langit mulut ketika mengucap tuk) – kalau kamu masih berbahasa jawa, maka kamu mengerti yang saya maksud. 

bikin tahu isi sederhana yuk, tanpa tambahan protein hewani di dalamnya tapi rasanya tetap legit dan merasuk.



siapkan semangkuk rajangan wortel, semangkuk tauge yang sudah dicuci bersih, semangkuk rajangan halus daun bawang dan semangkuk jamur kuping yang telah dicacah kasar. kalau kamu gunakan jamur kuping kering dan direndam semalaman, saring air rendaman jamur dan gunakan untuk memasak tumisan.

di pasaran jakarta, tahu kulit yang beredar sering terasa minyak tanahnya. karena itu sebelum mengolah tahu kulit saya bersihkan dulu dari kotoran buruk. rendam tahu kulit dalam air mendidih, diamkan beberapa saat kemudian tiriskan dan peras tahu sehingga keluar semua rendaman minyak-nya. sekarang tahu siap digunakan.

kerat tahu pada bagian tengah, kemudian kerok sedikit isinya dengan sendok teh, sekarang menyisakan lubang tahu untuk pengisi tumisan sayur. sisihkan sisa kerokan tahu, bisa digunakan untuk masakan lain. larutkan 1 sdt garam dan 1 sdt gula pasir dalam 8 sdm air panas. kepyur larutan itu ke atas kantong tahu, maksudnya biar tahu kulitnya menyerap rasa gurih.  sisihkan

haluskan 5 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 sdt lada. tumis bumbu hingga harum. masukkan wortel dan separo rajangan daun bawang. aduk hingga rata. masukkan 1 sdm saos hoisin atau 1 sdm saos tiram. tuang sedikit air rendaman jamur supaya bumbu tak gosong. masukkan jamur kupingnya. beri garam dan gula pasir sesuai selera. setelah wortel lunak, masukkan tauge dan sisa rajangan daun bawang. aduk hingga rata. icipi, bila kurang bumbu tambahkan hingga pas rasanya.

kalau perlu, larutkan 2 sdm tepung maizena dengan 5 sdm air, tuang ke atas tumisan dan aduk cepat, biarkan tumisan tersebut jadi agak lengket, sehingga mudah disendoki ke dalam kantong tahu.

jadi deh tumisannya. tinggal dimasukkan ke dalam kantong tahu.

untuk membikin adonan tepungnya, haluskan ketumbar, kunyit, bawang putih dan garam. campur dengan 1 gelas tepung terigu dan 1 gelas tepung beras. tuang air sedikit-sedikit. jangan encer ya, mesti pekat supaya kulit untuk membalut tahu susur bagus jadinya. masukkan rajangan daun bawang. siap digoreng.

test sedikit adonan tepung dalam minyak panas. icipi, dari pada rusak seluruh pengerjaan karena salah kepyur garam lebih baik di test dulu toh. kalau sudah oke baru deh goreng dalam minyak banyak dan panas tahu susurmu. paling enak itu kalau rasa tepungnya gurih, tahu kulitnya agak manis, dan isiannya sedap karena berbumbu banyakk.. hmm enaknya.

dicocol dengan sambal bangkok sedep bangeeett..

kalau kamu punya sisa tumisan sayuran tahu susur, bikin saja orak-arik telur dengan sisa kerokan tahu, tambahkan saos hoisin / tiram, rajangan daun bawang. kemudian tuang deh ke atas sisa tumisan sayur. saos-nya mau diganti tauco juga bisa.  mau ditambah rajangan daun jeruk dan sereh juga bisa. atau mau praktis dan menggunakan bumbu racik rendang instant juga bisa. suka-sukamu deh eksperimen di dapur..

please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar