Kamis, 13 Juni 2013

tumis terasi kacang panjang dengan putih telur kukus



saya punya seorang kawan baik yang sedang berusaha membentuk tubuhnya menjadi lebih atletis. C namanya. karena kebutuhan makannya meningkat banyak dia sering bilang ingin pesan putih telur kukus kalau kebetulan mbak di rumah bisa menemukannya di pasar.

tapi kami suka selipan. giliran putih telur kukusnya ada, C gak ada. gitu terus sampai akhirnya C bosen tanya dan gak jadi titip. di pasar dekat rumah saya memang putih telur kukus jarang di jual, enggak mesti ada tiap hari. nah suatu hari saya masak saja putih telur yang sudah terlanjur di beli. mereka mengemasnya dalam plastik-plastik kecil seharga 3ribu rupiah sebungkus.

supaya tak ngiler, putih telur kukus itu saya rendam sebentar dalam air mendidih. kemudian saya potong-potong kubus dan siap dimasak. kali itu saya punya sedikit kacang panjang. maka tumisan terasi kacang panjang lah yang akhirnya menemani si putih telur kukus.



dalam minyak panas saya tumis ulekan halus terasi, rajangan bawang putih, bawang merah, cabe rawit. saya juga sertakan rajangan daun jeruk supaya rasanya makin harum. masuk kacang panjang dan kepyur-kepyur dengan air, tak lupa sedikit kaldu bubuk untuk menguatkan rasa. putih telur kukus masuk. saya aduk pelan-pelan supaya tak lekas hancur.saya beri sedikit sekali air untuk meresapkan bumbu tumisan ke dalam putih telur kukus.

demikian lah tumis sederhana yang lengkap sayur dan protein. 

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar