Sabtu, 15 Juni 2013

ayam ungkep



sebelum mengolah ayam menjadi aneka masakan, biasanya saya mengungkepnya lebih dahulu supaya bumbunya merasuk. karena kadang-kadang merendamnya dalam bumbu perendam saja enggak bikin ayam saya legit, mengungkep ayam juga membikin saya yakin bakteri salmonella bisa mati. 

ada 2 jenis ungkepan ayam yang biasanya saya kerjakan. bumbu kuning dan bumbu bacem.



untuk ayam bumbu kuning, bumbu halusnya sederhana : bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam. jahe dan lengkuas geprek serta daun salam juga disertakan dalam acara peng-ungkep-an ini. pakai wajan biasa bisa, pakai panci presto juga bisa. hasilnya adalah ayam tulang lunak. 

ayam ungkep bisa di stok dalam kulkas, letakkan dalam wadah kering tanpa kaldu pengungkepnya. siap dimasak untuk beragam jenis masakan. 

ayam ungkep ini disuwir-suwir untuk teman nasi goreng juga enak lho. ada banyak jenis masakan yang bisa dimasak dengan bahan ayam ungkep bumbu kuning. 



untuk membacem ayam, bumbu halus yang diperlukan adalah bawang putih, bawang merah, ketumbar, garam dan gula jawa. untuk membikin ayam pekat coklat bisa juga ditambahkan kecap. masukkan sebongkah asam jawa untuk menguatkan rasa baceman, kalau musim belimbing wuluh tiba, saya ganti asam jawa dengan belimbing wuluh. gunakan air kelapa untuk membacem supaya rasanya lebih legit. kalau sedang membacem ayam sertakan juga tahu dan tempe, iris potongan tebal supaya ketika diungkep dan digoreng kembali tahu serta tempe tidak mudah hancur. untuk bikin rasa makin sip, tentu bumbu ungkepnya mesti seimbang banyaknya dengan jumlah makanan yang dibacem. dalam panci letakkan ayam, kemudian tempe dan tahu. tuang bumbu dan beri air sehingga seujung kuku lebihnya dari bahan-bahan yang dimasak. rebus hingga matang. 


 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar