Rabu, 12 Juni 2013

champurrado






champurrado adalah minuman coklat yang saya sukaaaa.. pengerjaannya pun mudah sekali. diminum hangat nikmat banget... apalagi ketika sore hari rintik hujan turun, duduk di teras menikmati magic hour sambil baca tulisan dari pengarang favorit saya : haruki murakami, tracy chevalier, dan banyak lagi. kalau kamu sempat mampir ke youtube, ketik lah thirsty first champurrado, nanti pasti kepingin bikin juga deh..

sebetulnya bikin champurrado itu pakai rempah cinnamon dan star anise. tapi karena suka yang simpel, saya gunakan sedikit saja bubuk ngo hiong / rempah 5 rasa. gula yang digunakan juga bukan gula putih melainkan gula jawa.

3sdm bubuk coklat pahit saya larutkan dengan segelas air panas hingga larut. ke dalam panci saya tuang larutan itu, kemudian saya tambahkan 4 gelas susu. rebus dalam api sedang. masukkan sejumput kecil bubuk rempah 5 rasa, 2 sdm gula pasir, sejumput kecil garam, cacahan sebuah gula jawa. 

dalam wadah lain saya melarutkan 4 sdm tepung maizena dengan 10 sdm air, kemudian saya tuang larutan tersebut dalam rebusan susu. aduk-aduk hingga agak kental. 

siap disajikan...rasanya eksotik banget, coklat tapi berempah. manis gurih tapi berempah. agak kental pula, pokoknya enak deh buat selera saya..

btw di foto itu tangan ibu saya sebelum berangkat kerja...diminum pagi-pagi buat menambah energi.

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar