Selasa, 25 Juni 2013

sambal tongkol suwir jagung putren






saya ketagihan sama dish sederhana ini.. nikmat banget dimakan dengan nasi hangat. kalau kamu suka ikan tongkol, saya kira kamu juga akan ketagihan.

ketika beli di pasar, minta saja sama penjual ikan untuk memfillet ikan tongkolmu. tapi kamu ambil juga tulang dan kepalanya ya. itu masih bisa dibuat kaldu. 

okay, daging ikan tongkol yang sudah bersih tulang dan kepalanya itu  kira-kira setengah kilo, saya rendam dalam sedikit garam dan air jeruk nipis. diamkan beberapa saat kemudian kukus selama 25 menit. angkat, dinginkan dan suwir-suwir.

sambil menunggu kukusan ikan, saya mengulek 8 bawang merah, 5 bawang putih, 5 cabe rawit merah besar, 2 cabe merah keriting, seruas kencur, seruas jahe, secuil kecil lengkuas. kemudian saya merajang halus 2 batang besar daun bawang, 5 batang sereh muda, 2 buah tomat merah mengkal.

jagung putren dibersihkan kemudian diiris serong, saya siapkan semangkuk besar. 

siap deh. tumis bumbu halus dalam minyak panas. aduk hingga harum dan berubah warna. kepyur sedikit dengan air agar bumbu enggak gosong. masukkan rajangan tomat dan sereh, beri 3 lembar daun salam. masak hingga tomat hancur dalam api besar, kemudian masukkan jagung putren-nya. beri garam, kaldu bubuk dan gula jawa. kepyur tumisan sesekali supaya jagung putren lunak. 

masukkan rajangan halus daun bawang dan aduk hingga terbalut seluruhnya. kemudian terakhir masukkan suwiran ikan tongkolnya. beri air sedikit dan aduk hingga rata hingga air habis. icipi rasanya. 
 
siap dihidangkan dengan nasi hangat. 

oya sayuran yang bisa ditambahkan bukan Cuma jagung putren. kamu bisa tambahkan terong goreng. atau jamur tiram. kalau pakai jamur-jamuran, masukkan bahan pada akhir pengerjaan ya, soalnya jamur cepat sekali matang dan sangat menyerap asin atau manis-nya dishes yang sedang kamu masak. 

please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar