Selasa, 18 Juni 2013

tahu siram bumbu pecel



semakin sederhana dish-nya semakin bikin kangen. makanan ini adalah makanan kesukaan turun temurun dari kakek yang tak sempat saya kenal – ayah bapak saya, ke bapak saya, kemudian ke saya – dan mungkin nanti ke anak-anak saya.

membuatnya sederhana. tahu cina yang terbuat dari kacang hijau itu dibelah dua dalam potongan besar. kemudian digoreng hingga berkulit kedua sisinya tapi menyisakan bagian dalam yang masih sangat lembut dan lembab. kemudian ditiriskan dan sajikan dalam piring saji. gurat-gurat tahu goreng hingga terbuka bagian dalamnya. siap disiram dengan bumbu pecel.



bumbu pecel-nya beli jadi supaya tak repot. kami suka bumbu pecel yang kental (air untuk melarutkan bumbu pecel sedikit saja). kalau ada kacang mete goreng, juga bisa dihaluskan dan campur dengan bumbu pecel, rasanya akan jadi uueenakk banget. untuk menguatkan rasa dari bumbu pecel yang dibeli ibu dari pedagang langganannya, saya mengulek bawang putih mentah dan cabe rawit sesuai kebutuhan makan saat itu. beri cacahan belimbing wuluh sedikit biar nampol, tak lupa gula jawa dan sedikit garam.  beri rajangan seledri yang banyak dan siram bumbu pecel kental ke atas tahu goreng.

nikmatnyaaa...

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar