Kamis, 13 Juni 2013

tumis kol bumbu rendang






kalau lagi ngirit saya suka bikin tumis kol bumbu racik rendang. enak disantap dengan lauk goreng simpel. entah tempe tahu mendoan, ayam goreng rempah, tongkol/tuna goreng, lele / ikan mas goreng atau orak-arik telur yang dibuat terpisah dan nantinya dicampur ke dalam tumisan kol. well menurut saya tumisan kol ini sederhana tapi bisa memunculkan selera makan.

membuatnya juga tak susah. dan tentu saja ini hanya pengantar imajinasi, sayuran yang bisa dimasak sesuai keinginan kita. kalau saya pilih kol karena rasanya cocok untuk teman makan lauk goreng yang rasanya simpel.

saya menumis 3 siung bawang putih cacah dengan 4 buah bell pepper – kalau di indonesia kayaknya namanya cabe gendot deh, pedas tapi tekstur krenyes-nya seperti paprika (sebenarnya cabe-nya bisa apa aja kok, pakai cabe ijo juga enak,bell peppernya bisa diabaikan), 3 batang sereh muda juga dicacah.

setelah itu masuk semangkuk besar kol rajang. aduk cepat dalam api besar. masukkan 1 sachet bumbu racik bubuk rasa rendang dan 1 sdt gula pasir. masukkan setengah gelas santan (bisa pakai yang instant) kalau tak ada santan biasanya saya mencairkan 2 sdm krimer – bener krimer temennya kopi itu, rasanya jadi gurih dan enggak cemplang – dengan setengah gelas air hangat, tuang ke dalam tumisan kol. aduk hingga layu. siap disajikan sebagai pelengkap lauk. 

tentu saja dalam tumisan ini bisa kita tambahkan daging giling atau udang cacah, rasanya jadi makin legitttt... tapi nanti judulnya enggak sederhana lagi ... uhhuuyy...

enggak promosi, tapi bener deh punya stok bumbu racik itu penting buat nambah-nambahin bumbu dan menguatkan rasa masakan.

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar