Senin, 10 Juni 2013

dari opor ayam jadi tongseng ayam


di dekat rumah saya banyak penjual makanan. rata-rata mereka jualan malam hari. kecuali warteg-warteg yang sering buka 24 jam. jadi bisa dibilang mudah sekali bagi orang-orang di sekitar tempat saya bermukim mencari makanan. ada warung pinggir gang yang menjual masakan rumahan, mie pangsit di ujung jalan, ketoprak, nasi goreng, pempek, macam-macam lah. kalau kepepet dan sibuk, tak perlu repot pergi jauh untuk mencari makan. jarak yang harus saya tempuh menuju penjual makanan yang mangkal di malam hari tak lebih dari 50 meter.

kalau mau pergi jauh lagi sudah ketemu jalanan besar radio dalam dengan kedai serta restoran berderet sepanjang jalan.

di suatu pagi yang tenang saya kelaparan karena kelupaan jadi manusia kamar selama 2 hari, sibuk menulis dan menonton klip video dari tedtalks. udah enggak bisa lagi saya menahan lapar sementara untuk makan saya mesti masak, karena di rumah memang saya lah yang kebagian tugas memasak. roti habis, oatmeal habis, mie instant habis, telur habis semua serba habis. kecuali nasi yang baru saja dimasak.

ublak ubluk di kulkas ketemu satu bungkus opor ayam *entah kapan belinya* yang saya yakini dibeli ibu dari warteg di ujung jalan. saya tahu kalau opor ayam yang akan saya makan rasanya cemplang, enggak sesuai sama lidah saya. meskipun luuaapeer banget, saya masih kepingin makan enak..minimal enggak kecewa, ngapain udah laper makan gak enak. kecewa dua kali.

ublak ubluk lagi di kulkas ketemu kol, tomat dan bawang bombay. akhirnya saya ambil dan rajang kasar 2 lembar daun kol, sebuah tomat dan separo bwang bombay. saya panaskan dalam panci opor ayam beku, sayuran cacah, sepertiga bumbu racik rasa rendang dan 1sdm gula pasir. saya panaskan sebentar hingga air kuah opor menyusut dan sayurannya lunak.

well, jadinya ueeenaaakk banget (menurut selera saya sih enak)... dari opor yang cemplang sekarang rasanya jadi mirip tongseng... maknyos tenan...

terimakasih ya warteg, bisa bikin saya makan opor ayam tanpa harus repot masak satu kuali... saya berterimakasih sungguh-sungguh...

please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar