Selasa, 18 Juni 2013

tumis tuna bumbu kuning



saya dan ibu beda karakter masak. ibu suka masakan yang dimasak banyak-banyak sehingga masih bisa dimakan esok harinya. seperti sayur lodeh kluwih, gudeg jogja, sambal goreng krecek ati ampela, rendang, dendeng kelem, aneka ria masakan indonesia yang lezat dan berbumbu banyak. sementara saya lebih suka masak yang simpel, dikerjain 20 menit beres dan langsung habis.  beda watak dan karakter itu bikin suasana di dapur jadi seru.

kali ini saya akan share masakan ikan yang ngerjainnya sepele banget.

4 potong ikan tuna saya potong-potong kecil supaya makannya gampang dan lebih mudah meresap bumbu sehingga mengolahnya pun cepat. saya beri garam dan perasan jeruk nipis, sisihkan sebentar sembari menyiapkan bumbu sederhana. 



bumbu jahe, kunyit, lada, bawang putih, batang daun sereh muda saya tumbuk hingga halus. kemudian daun kemangi saya rajang halus. itu saja bumbunya. 

tumis bumbu halus dengan minyak goreng hingga harum dan berubah warna. masukkan potongan ikan tuna. aduk-aduk dalam wajan hingga bersalut bumbu. beri garam secukupnya. aduk hingga berubah warna. kepyur dengan air agar bumbu tidak gosong. setiap beberapa saat kepyur dengan air hingga tuna matang sempurna. kemudian menjelang diangkat tabur dengan rajangan kemangi. aduk-aduk dan kepyur lagi sedikit dengan air. 

angkat dan sajikan. mudah banget. dari persiapan bahan sampai selesai masak enggak sampai 20 menit. cocok buat saya yang ‘sok’ sibuk. 

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar