Minggu, 09 Juni 2013

kwetiaw goreng simple




biasanya ibu membelikan saya kwetiaw basah segar di pasar tradisional untuk segera diolah. suatu kali saya beli kwetiaw basah di supermarket dan kelupaan 2 hari sebelum memasaknya. hasil masakan saya jadi agak-agak becek, meskipun tetap enak. hal ini tentu enggak akan saya ulangi lagi.

kalau kamu beli kwetiaw basah di supermarket memang seharusnya langsung dimasak supaya ketika diolah, potongan panjang kwetiaw-nya masih mulur dan kenyal. kwetiaw basah itu pasti beku dan menempel, padahal kita mesti melepasnya satu per satu supaya bisa dimasak. supaya bisa diurai maka letakkan kwetiaw basah tersebut mesti direndam dalam waskom plastik yang agak lebar untuk disiram dengan air panas (enggak perlu air mendidih, nanti malah benyek dan becek) dan tutup selama beberapa saat. dengan menggunakan garpu / sumpit tusuk-tusuk kwetiaw hingga terurai dan lepas satu per satu. tiriskan hingga kering air perendamnya.

sekarang saya punya kwetiaw putih yang siap dimasak. untuk mengakali supaya tak putus dan hancur ketika digoreng, maka sebelum diolah kwetiaw-nya saya bumbui terlebih dahulu. saya beri kecap manis, saus tiram, garam / kaldu bubuk untuk memberikan rasa sebelum diolah. 

isian untuk kwetiaw macam-macam menurut selera masing-masing. tapi buat saya, adonan bumbu menggoreng kwetiaw-nya lah yang membikin kwetiaw itu enak. ada banyak kedai / resto kwetiaw favorit yang saya enggak bisa duplikasi bumbunya karena mereka menggunakan banyak sekali saos/minyak dalam pembuatan kwetiaw, dan tentu saja mereka gak nyebutin merk atau bahan apa yang digunakan dalam memasak kwetiaw goreng. resep rahasia.

orang lain boleh punya rahasia resep, tapi saya pilih bagi-bagi resep, karena bahagia mesti ditularkan. makan-makan bersama teman dan keluarga itu asik dan seru, berkumpul itu bikin kita tahu rasanya diingat. dan masak-masak bareng enggak harus mahal. 



saya enggak tahu berapa timbangan kwetiaw basah paket yang dijual di supermarket. biasanya cukup untuk 4 hingga 6 porsi tergantung berapa banyak kita makan. pokoknya untuk bikin keseluruhan pengerjaan kwetiaw goreng itu saya kerjakan 2 kali supaya rasanya tetap enak dan legit. jadi yang akan saya bagi di sini, resep untuk ngerjain setengah dari timbangan kwetiaw basah paketan.

bumbu yang saya perlukan untuk membikin kwetiaw goreng sebagai berikut :

rendam 1 sdt ebi kering dalam semangkuk air mendidih. ulek halus 3 siung bawang putih, 1 sdt lada, 1 ruas jahe. sisihkan. setelah ebi mengembang ulek halus, sisihkan.

siapkan 3 sdm ayam/daging giling. sisihkan.

untuk sayuran dan bahan isiiannya bebas suka-suka. untuk keperluan foto kali ini saya menumis secara terpisah orak-arik telur bakso jagung putren.

saya mengorak-arik 3 telur kocok dan 6 bakso sapi yang telah dirajang kasar. kemudian saya tumis 3 siung bawang putih dan 1 sdt lada bubuk. masuk 1 mangkok jagung putren dan setengah mangkok bawang bombay. kepyur-kepyur dengan air dan masak hingga layu tetapi sayuran tetap kreces krenyes. sisihkan. tumisan ini kemudian akan dicampur dengan kwetiaw goreng.

sementara itu untuk membikin kwetiaw goreng saya menumis ulekan ebi dalam 2 sdm minyak panas. setelah harum saya masukkan 3 sdm ayam / daging giling. aduk-aduk cepat dalam api besar, masukkan 1 sdt garam dan gula pasir. masukkan bumbu ulekan bawang putih jahe lada. kepyur-kepyur dengan air. masak hingga daging matang.

setelah kemrengseng, masukkan kwetiaw yang sudah dipersiapkan. masak hingga seluruh bahan tercampur rata. tuang tumisan orak-arik telur yang sudah dipersiapkan sebelumnya. beri rajangan daun halus daun bawang.

siap disajikan.

standart rasa asin manis gurihnya terserah ya..lidahmu lah penentunya...

nah..agak ribet memang..tapi inilah pointnya. maksud saya kita bisa bikin orak-arik telur yang agak banyak sebagai teman makan nasi. kemudian kalau ada sisa, tinggal jadi campuran tumisan untuk makanan kwetiaw / bihun / mie goreng. jadi deh menu baru..

please give it a try

until then berkah dalem..dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar