Kamis, 13 Juni 2013

minyak cabe bawang putih



saya tak tahu bagaimana rumah tangga lain di indonesia. yang saya tahu, orang-orang yang saya kenal jarang suka berepot-repot mengawetkan makanan meskipun mereka mampu menyediakannya. barangkali karena kita tinggal di negara tropis, sehingga apapun dapat tumbuh subur dan dengan itu tak terbiasa dengan metode pengawetan makanan, karena yang segar dapat ditemui tiap saat. saya tak tahu. barangkali juga karena kita tinggal di negara tropis yang tak mengalami musim dingin yang panjang sehingga makanan harus diawetkan, maka mesti tak berkeberatan makan makanan awetan tetap merasa tak perlu membuatnya sendiri, karena berpikir ngapain repot-repot ngurusin gituan, tinggal kerja cari duit dan beli ini dan itu. entahlah..ini cuma pikiran selintas. 


bikin minyak cabe bawang putih ini gampang banget.  kalau belum punya imajinasi, please sambangi youtube dan nonton spaghetti aglio olio dari channel food wishes.com bersama chef john yang suaranya renyah kemripik itu.. nanti kamu bakalan ngerti cara pengerjaan untuk bikin minyak cabe bawang putih.

saya mencacah segenggam bawang putih dan cabe rawit merah serta cabe merah keriting. kemudian dalam wajan saya tuang segelas minyak goreng. bawang putih dan cabe masuk, saya memasak dalam kondisi minyak masih dingin. saya memasak dalam api kecil, super kecil. kemudian saya biarkan dalam api kecil hingga minyaknya ngeses – jauh sebelum cacahan bumbunya gosong. kemudian matikan api dan biarkan dingin. dengan sendirinya cacahan bumbu tersebut akan matang karena sisa panas dari penggorengan.
setelah dingin saya tuang ke dalam toples kaca bersih yang sudah diberi setengah botol minyak goreng bersih. sekarang keseluruhan minyaknya jadi berwarna merah. saya beri 1sdm garam dan 1sdm gula. aduk hingga larut. jadi deh minyak cabe bawang putih andalan saya.

rasanya gurih manis pedas. biasanya saya makan tumisan cacahan bumbu ini sebagai pelengkap makan ikan tongkol / tuna goreng atau ayam goreng rempah dengan sayuran kukus. bawal kukus/ayam kukus dituang dengan bumbu ini juga enak..makin sedap saja rasanya...

minyaknya tentu saja digunakan juga untuk menumis bumbu untuk nasi goreng / mie dan bihun goreng. lekker....   

please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar