Kamis, 13 Juni 2013

tumis tahu tauco



 hati-hati menggunakan tauco yaa.. rasanya strong banget.. dan selalu cek tauco apa yang kamu gunakan, asin atau manis. karena salah kepyur garam bisa rusak masakanmu.

kalau saya pakai tauco asin, saya tak lagi membubuhkan garam, melainkan gula jawa. pokoknya saran saya, mesti hati-hati pakai tauco.

kali ini saya bikin tumis tahu tauco dengan daging giling. tentu saja daging giling-nya bisa diabaikan. tapi penggunaan daging giling bikin tumisan ini makin sedap. selain daging giling juga bisa gunakan udang segar. sebentar saja memasak udangnya supaya tetap lembab dan enggak kelot-kelot. 



pertama kali yang saya kerjakan adalah menggoreng tahu cina kacang hijau yang telah dipotong dadu dalam minyak panas. menggorengnya sebentar saja hingga berkulit untuk membikin bentuk tahu lebih kokoh ketika dimasak ulang dalam tumisan tauco. angkat, tiriskan dan sisihkan. 

okay bumbu untuk tumisan daging giling ini sederhana. haluskan secuil kecil lengkuas dengan 3 siung bawang putih dan bawang merah, 3 cabe rawit merah. tumis 3 sdm daging giling dalam 2sdm minyak panas. masukkan bumbu halus dan selembar daun salam. tumis hingga harum. masukkan satu sendok makan tauco dan aduk rata. hati-hati aroma menusuk hidung.


setelah itu beri setengah gelas air dan masukkan tahu goreng berkulit. aduk hingga tahu menyerap bumbu tauco. masukkan 2sdt rajangan gula jawa dan cacahan tomat hijau (pakai belimbing wuluh juga enak). aduk-aduk cepat. dan siap disajikan.

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar