Senin, 24 Juni 2013

simple chawan mushi



bikin chawan mushi itu gampang banget. bahan pengisi dan kaldunya juga suka-suka. dari yang murah sampai yang mewah. makin banyak telur yang dipakai, maka makin padat chawan mushi yang kamu buat, rasanya jadi mirip sekali dengan tahu sutra. dan kamu jadi tahu deh gimana caranya bikin tahu sutra dari egg custard. gak perlu beli mahal-mahal di supermarket. nah, kalau semakin banyak kaldu yang kamu gunakan, maka egg custard-nya nanti ketika selesai dikukus jadi sup deh, enak banget.

resep chawan mushi yang saya share sekarang (saya punya banyak resep, tenang saja nanti pasti dibagi kok) saya gunakan kaldunya lebih banyak dari telur. 2 : 1



karena mau ngirit maka saya pakai rendaman air kaldu jamur shitake kering. selama semalaman, saya merendam 8 jamur shitake dengan 2 gelas air. paginya air rendaman itu saya saring. kemudian saya kocok telur. 2 gelas kaldu dan 1 gelas kocokan telur. beri kaldu ayam bubuk. tuang dalam mangkok keramik dan kukus selama 15 menit dalam kondisi air sudah mendidih. tak lupa bagian tutup dandang dilapisi dengan serbet supaya tak ada tetesan air jatoh ke dalam chawan mushi.

jadi deh, chawan mushi super simpel dan super murah meriah.

di makan pagi-pagi enak lho, anget dan gurih, langsung lumer di mulut dan lancar mengalir ke tenggorokan. kuah kaldu jamurnya juga enaaaakk... (tapi kalau belum terbiasa bau-nya agak mirip pete – ini kata temen saya sih yang enggak suka jamur)

ibu saya sukanya chawan mushi udang dan chawan mushi daging giling jamur tiram. nanti ya saya bagi.. sabaaarr...

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar