Senin, 24 Juni 2013

es bonbon mangga yogurt





jangan sepele-kan diskonan buah murah. meskipun rasanya agak enggak juara, kita tetap bisa memperbaiki rasanya kok.

setahun lalu menjelang natal, di sebuah supermarket ada obralan buah mangga harummanis, limaribu sekilonya, gimana enggak bikin seneng tuh. saya beli 4 kilo untuk bikin mango lassi. sesampainya di rumah saya lupa, yang adventurer soal kulinari kan cuma saya sendiri. tadinya saya mau bikin mango lassi dengan rempah yang rasanya india banget. tapi enggak jadi dan akhirnya bikin es bonbon untuk dinikmati bersama keluarga dan kawan-kawan yang sering seliwar-seliwer mampir ke rumah.

karena rasa mangga-nya enggak terlalu juara – manis enggak kecut enggak, tapi tetap harum – dari 4 kilo mangga yang saya beli, akhirnya tersisa 3 kilo setelah hanya diambil dagingnya saja, ini tentu harus diperbaiki rasanya, supaya muncul rasa asli si mangga.

kemudian 3 kilo mangga itu saya jus dengan seperempat kilo gula pasir, 330 ml yogurt tawar botolan yang rasanya kecuuuuttt banget itu. oh ya yogurtnya bukan bentuk susu ya, tapi agak padat, di dalam botol, tanpa rasa buah-buahan.  botol yogurtnya saya isi air untuk membersihkan sisa yogurt (enggak mau rugi) dan blender dengan buah mangga. pengerjaannya beberapa kali. air yang saya gunakan 660 ml (dari 2 kali mengisi bekas botol yogurt) sehingga hasil smoothie-nya kental sekali. 

untuk kekentalan buah-nya juga selera. kalau saya gak suka yang encer, karena memang pengen ngerasain sari buah yang harum, manis dan kecut itu. 

kemudian saya tuang dalam plastik-plastik es bonbon dan siap dibekukan. saya gak mau repot bikin shorbet dengan berulang kali mikser hasil smoothie buah-buahan, soalnya saya sok sibuk, eheheheheee... setelah beberapa jam, siap deh dinikmati. enaaaakk...

nahhh gampang banget kan bikinnyaa..




ibu saya punya caranya sendiri makan es bonbon ini. dia ambil 3 batang es bonbon beku kemudian dia cacah-cacah dan ditata dalam piring. sambil menunggu es-nya agak leleh, ibu mengupas mangga indramayu – mangga favoritnya, yang rasanya asem manis dan keset itu. kemudian dicampur dan dituang ke atas cacahan es bonbon mangga harum manis. 

juaaaraaaa...

kamu juga bisa bikin dengan buah-buahan lain. biasanya saya bikin es bonbon yogurt dengan mix buah pepaya dan nanas, gulanya saya bikin simple sirup dengan menambahkan daun pandan. duhh itu juga enak banget. untuk buah yang sama, simple sirupnya saya bikin dengan cacahan daun mint dan kulit jeruk lemon.. itu juga enak banget. 

gak harus beli buah import yang mahal kan untuk nikmatin minuman / es nikmat. pakai buah tropis juga enaaakk kookk.. ciyus deh !!

please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar