Rabu, 26 Juni 2013

balado ayam yogurt






kebetulan saya punya persediaan stok ayam ungkep di kulkas. bumbu ungkepannya sederhana, hanya kunyit, bawang putih, ketumbar dan garam.

kemudian ayam ungkep ini pun saya olah lagi. tadinya saya ingin buat balado cabe merah tomat dengan bawang merah yang banyak. tapi setelah dipikir-pikir kok makan serba goreng lagi. sudah ayamnya digoreng, bumbu baladonya juga digoreng dan penuh minyak, menurut saya balado yang enak itu memang mesti agak banyak minyaknya. 

akhirnya saya bikin tumisan balado ayam saja, tapi kali ini dengan yogurt.

saya menumis bumbu yang diulek kasar supaya tetap runyah-runyah : bawang putih 3 siung, bawang merah 8 siung, cabe merah keriting 10 biji. 

kemudian bumbu tersebut saya tumis. saya beri juga rajangan 2 batang sereh muda dan 3 lembar daun jeruk. masuk 2 buah tomat merah mengkal yang dicacah kasar. masak tanpa air dan biarkan bumbunya menyatu dengan tomat yang telah hancur. beri garam dan gula pasir secukupnya. 

setelah itu masuk ungkepan ayam. aduk hingga rata. saya beri segelas air panas dari termos supaya bumbu ungkepan yang kedua ini merasuk sampai ke dalam daging ayam. setelah saya icip-icipi rasanya kok enggak pas. akhirnya saya beri saja 5 sdm yogurt tawar botolan. bentuk yogurtnya padat tanpa rasa buah-buahan, jadi bukan yogurt minuman susu ya yang saya gunakan. saya tambahkan gula pasir sedikit.


dan ketika saya icipi lagi. alaaamaakkk.. ueenaaak tenan.
 

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar