Rabu, 12 Juni 2013

kendor alias kentucky dorong



kalau bisa buat di rumah kenapa gak bikin sendiri... 

keponakan saya suka sekali ayam goreng tepung kentucky, umurnya waktu itu baru 3 tahun dan dia enggak mudah dikibulin. dia ngerti mana ayam yang asli dibeli di restoran, mana yang dibeli di jalan. saya menyebutnya kendor atau kentucky dorong. 

dan tentu saja dia enggak mau makan kendor.. duhh.. sombong amet ya si bocah.. saya masih suka tertawa geli ketika mengingatnya. 

 

sebenarnya saya enggak punya resep ayam goreng kentucky yang rasanya mirip. tapi, ayam goreng tepung buatan saya ternyata mau juga dimakan sama si dedek.
 
saya mengungkep ayam dengan bumbu halus kunyit,ketumbar, bawang putih dan garam. air perebusnya tak perlu banyak-banyak. setelah air asat/habis, ayam disisihkan. saya mengocok sebutir telur dengan 4 sdm air. celup dan balut ayam ke dalam telur. 

kemudian di dalam toples besar dengan penutup saya menuang tepung ayam goreng instant. setiap satu sachet besar saya tambahkan 1 sdm tepung terigu dan 1 sdm tepung beras karena ayam ungkepnya sudah agak asin, takutnya keasinan karena tepung ayam goreng instant itu biasanya sudah asin banget. biar tambah enak saya tambahkan bubuk lada, gula pasir sedikit, oregano-thyme-rosemary, kemudian saya guncang-guncang supaya tercampur rata. satu demi satu ayam masuk ke dalam tepung pelapis. cara membalut ayamnya dengan mengguncang-guncang toples sehingga seluruh permukaan ayam terbalut tepung. tangan saya  jadi enggak kotor. saya kerjakan sampai semua potongan ayam terbalut tepung. kemudian di goreng dalam minyak banyak dan panas.

karena sudah diungkep, maka daging ayamnya matang dan tepung pelapisnya enggak gosong.
metode yang sama juga saya gunakan untuk membikin lele penyet goreng tepung, tempura udang atau cumi atau terong atau jamur tiram. saya enggak suka tangan kotor karena itu saya sediakan toples besar untuk membikin bahan yang ingin saya makan tercampur tepung pelapis.

nah jadi deh kendor-nya.. bisa dimakan dengan saos tartar atau barbeque.. tapi si dedek sih enggak rewel, dia makan begitu saja dengan nasi dan saos tomat juga udah seneng... dan si mama gak perlu mahal-mahal beli ayam per potong 25ribu untuk sekali makan. 

bayangin, modal 50ribu bisa buat sekeluarga..kalau beli Cuma bisa dapat 2 porsi.

please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar