Minggu, 09 Juni 2013

bakwan goreng sederhana



setiap sore bu atik dan keluarganya menata barang dagangan di pojokan gang perumahan tempat saya tinggal. ia sudah berjualan nasi, gorengan dan lauk pauk selama 5 tahun ini. harga gorengan pun ikut naik lima kali. sekarang satu potong tempe mendoan tipis pis, tahu isi kol, serta bakwan tepung selebar setengah telapak tangan dihargai seribu rupiah. karena banyak anak kost dan penghuni rumah kontrakan di sekitar pemukiman saya yang perlu beli makan malam, warung kecil bu atik ini berjalan terus. justru pada musim puasa saja dagangan bu atik agak sepi, sebabnya tetangga-tetangga lain ikut-ikut jualan takjil dan aneka menu buka puasa. 

suatu hari kawan ibu yang saya panggil bulik datang bertamu. kebetulan sore itu saya sedang menggoreng bakwan. bulik bilang, “wah..gak tahu kamu lagi goreng bakwan, udah ke buru ke beli deh gorengannya bu atik.” 

tentu saja kami jadi membandingkan rasa bakwannya bu atik dan rasa bakwan buatan saya. bulik beli gorengan seharga sepuluh ribu untuk 4 tahu isi,  3 tempe mendoan, 3 bakwan. sambil ngemil kami tertawa-tawa dan ngomongin harga-harga bahan pangan yang mahal sementara gaji gak naik, korupsi meraja lela, banyak orang punya otak sekon jadinya macet dan somplak buat diajak mikir dan sebagainya.

“mereka yang korupsi itu beli bakwan sebiji harganya sejuta kali yaa..duitnya enggak berseri.” tawa bulik saya itu antara eneg, gemes, dan jijik sekaligus. 

bulik ikut upyek di dapur dan tanya macam-macam termasuk ribut soal kaldu udang yang saya bikin.
kaldu udang yang saya buat itu basic untuk bikin bakwan ekonomis yang enak (buat saya sih enak). 

biasanya setiap kali bikin bakwan saya perlu 1 mangkuk udang segar cacah untuk bikin bakwan saya legit. tapi lama-lama saya belajar bahwa kulit udang dan kepalanya itu juga bisa dimanfaatkan. kulit dan kepala udang saya sangrai di atas panci hingga berwarna kemerahan. kemudian saya masukkan ulekan 1 ruas jahe dan 1 bawang putih. tumis tanpa minyak hingga harum. masukkan 2 gelas air panas dari termos, beri 1sdt gula pasir dan 1 sdt garam. masak hingga mendidih. saring dan itu adalah kaldu yang enak untuk bikin adonan bakwan. 

belajar dari pengalaman, adonan bakwan itu harus kental banget supaya ketika digoreng rasanya tetap lembab (sebenarnya ini juga selera. ada yang suka bakwan tipis garing seperti bapak saya, ada yang suka bakwan gembul banget seperti ibu saya, serta saya sendiri yang suka bakwan pas-pasan – enggak garing enggak gembul – )


 

untuk membuat bakwan saya perlu sayuran rajang masing-masing sebanyak 1 gelas belimbing : wortel, daun bawang seledri, tauge, 1 mangkuk udang cacah. untuk bumbunya saya menghaluskan 1sdm ketumbar, 3siung bawang putih, 1 ruas kunyit, rajangan cabe rawit merah sekehendak hati – biasanya 3biji, dengan 1sdm garam dan 1sdm gula pasir. kemudian saya pecahkan 1 butir telur dan saya tuang 1 gelas tepung terigu. saya aduk-aduk hingga adonan tercampur rata.
 
(cacahan udangnya bisa diabaikan, kalau gak pakai udang ganti dengan 1sdm ebi yang sudah dihaluskan dengan bumbu bakwan. kadang kalau lagi pengen ngirit saya pakai kaldu udangnya saja sementara udangnya saya bikin masakan lain).

nah sampai sini ini, susah-susah gampang untuk bikin adonan bakwan. saya siapkan segelas kaldu udang dan tuang sedikit-sedikit sampai adonannya basah lengket tapi enggak cair. adonannya mesti kental, karena itu saya juga siapkan 1 gelas campuran tepung beras dan terigu. 

setelah yakin dengan adonan bakwan, yang saya kerjakan selanjutnya adalah menggoreng 1 sendok teh adonan tersebut. lalu saya icipi sehingga saya bisa menambahkan garam/gula untuk mendapatkan rasa yang balance. kalau rasa bakwannya sudah dirasa pas, baru goreng deh sesendok demi sesendok, supaya makannya gampang. 

di rumah kami selalu sedia bumbu pecel. buat saya makan bakwan bumbu pecel itu nampol banget. kalau musim belimbing wuluh tiba, kami gecrek belimbing wuluh dalam cairan bumbu pecel..rasanya jadi semegrak kecut segar. dan itu ueenaaakk tenan buat cocolan bakwan. 

please give it a try

until then berkah dalem..dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu




Tidak ada komentar:

Posting Komentar