Selasa, 18 Juni 2013

jeli rambutan






musim rambutan tiba, harganya terjangkau. saya beli beberapa renteng untuk dibikin setup dan jeli rambutan. ngerjainnya juga enggak sulit. harga setup rambutan kaleng di supermarket 35ribu, cuma dapat 2 gelas. sementara kalau buat sendiri bisa dapat sepanci. kali ini resep yang mau di share sederhana banget, enggak pakai mikir ngerjainnya. 

tentu saja daging buah rambutannya mesti dikupas, saya mengerjakannya sambil nonton tv, jadi enggak terasa, tahu-tahu semua rambutan sudah terkupas. kemudian cuci dan bilas dengan air matang. siap diolah. khusus untuk jeli rambutan, buahnya saya rajang kasar supaya nanti makannya gampang. tuang daging buah rambutan ke dalam panci, beri air matang sebatas buku jari – seperti ketika akan menanak nasi. tambahkan perasan air jeruk nipis dan gula pasir. kalau rambutannya manis, gula pasirnya enggak usah banyak-banyak. biasanya untuk sepanci kecil jeli rambutan saya tambahkan perasan 3 jeruk nipis dan 5 sdm gula pasir, air perebusnya kira-kira 3 gelas belimbing. beri sayatan kulit sebuah jeruk limo yang pruntul-pruntul itu, didihkan. 

larutkan setengah sachet agar-agar tanpa rasa dalam segelas air matang, aduk hingga larut, kemudian tuang dalam didihan setup rambutan. masak dalam api kecil sampai air setup habis dan agar-agar jeli mengkristal dan dapat diawur-awur. dinginkan dan siap disajikan.



biasanya saya memakannya dengan yogurt asam. atau saya bikin jus jeruk yang diblender dengan es gepuk  dan diberi jeli rambutan. atau untuk pengisi pancake. bikin es campur dengan rumput laut, cincau, jeli rambutan juga enak..sesukanya deh pokoknya...

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar