Rabu, 12 Juni 2013

martabak kentang rendang



kita bisa kok bikin martabak sendiri di rumah. lebih hemat dan dapat banyak. saya pakai kulit lumpia untuk bikin martabak. ada banyak sekali bahan-bahan dan bumbu untuk diisikan dalam kulit lumpia, dari yang murah dan sederhana, sampai yang mewah dan bikin kantong bolong.



kadang-kadang kulit lumpia yang dijual di pasar itu rapuh dan bikin ambyar ketika digoreng, dan itu bikin kesel, karena minyak satu wajan jadi kotor isian martabak. ada tips-nya buat goreng martabak dari kulit lumpia. beli kulit lumpia yang besar. misalkan kamu beli 30 lembar kulit lumpia besar. ambil 6 kulit lumpia dan potong jadi empat bagian. sekarang kamu punya 24 lembar kulit lumpia besar dan 24 potongan seperempatan kulit lumpia. 

ketika mengisi adonan, letakkan seperempatan potongan kulit lumpia di atas kulit lumpia besar, kemudian letakkan sesendok adonan dan lipat menyerupai amplop. kalau saya enggak merekatkan dengan putih telur atau adonan tepung kental supaya martabaknya enggak pecah ketika digoreng. melainkan semua pengerjaan itu saya lakukan berbarengan dengan pekerjaan menggoreng. bagian bawah lipatan amplop martabak itu saya cemplungkan separo bagian di minyak panas, sehingga dengan sendirinya menutup. kemudian saya dorong deh ke tengah wajan, ketika sudah menutup, dan martabaknya tinggal di bolak-balik, enggak pecah dan enggak lembek. 

kali ini saya mau share martabak rendang yang sering saya bikin di rumah. saya gak bisa berikan timbangan berat untuk setiap bahan yang saya tulis di sini, karena memang saya gak mengukur dalam gram, melainkan dalam mangkuk yang sama untuk setiap bahan.

saya siapkan 1 mangkuk kentang (2 buah yang besar) yang dipotong kubus kecil dan telah digoreng sebentar dalam minyak panas. sisihkan. kemudian saya menumis 1 mangkuk daging giling dengan 2 siung bawang putih hingga harum. saya masukkan 1 mangkuk parutan wortel (1 buah wortel import besar) ke dalam tumisan daging. kentang kemudian masuk dan saya beri 1 sachet bumbu racik rasa rendang dan 1 sdt gula pasir. tuang setengah mangkuk air dan biarkan asat / kering. matikan api. campur dengan 1 mangkuk rajangan daun bawang. 

untuk setiap 1 mangkuk adonan martabak saya pecahkan sebutir telur ayam dan siap diisikan ke dalam kulit lumpia.

digado enak, buat teman makan nasi uduk juga enak...

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar