Rabu, 12 Juni 2013

mie capcay



kakak saya yang punya kawan chef dan ngeselin itu suatu hari pernah berkata : kalau elu ngerebus pasta, rebus dalam air perebus seasin air laut. biar pastanya menyerap rasa asin.. bodoh..gitu aja gak ngerti !!

well, kali ini untuk mie telur, saya perlakukan sama. saya rebus mie telur dalam air perebus seasin air laut. kemudian saya tiriskan.  nantinya mie telur ini akan dicampur dengan tumisan sayur capcay tanpa kuah.



saya menumis ulekan halus 1 ruas jahe, 4 siung bawang putih dengan 3 cabe merah cincang. kemudian saya masukkan semangkok potongan dada ayam. aduk dalam wajan dengan api besar. beri 1 sdt saus tiram, 1 sdt garam, sejumput kecil gula pasir. saya kepyur-kepyur dengan air supaya bumbu tak gosong dan ayam  matang. kemudian saya masukkan irisan 6 buah bakso sapi, aduk-aduk. terakhir saya masukkan 3 helai kol putih dan 4 batang sawi hijau. aduk cepat dan kepyur dengan air. setelah matang saya beri 1 sdt minyak wijen ke atas tumisan sayuran kemudian tuang ke atas mie telur rebus dan aduk-aduk dengan sumpit hingga tercampur rata . (pada saat menumis bisa juga di kecrot minyak ikan sedikiiittt saja pada pinggir wajan panas supaya rasa capcay makin enak.. tapi saya terus terang enggak terlalu suka minyak ikan dan kecap)

siap disajikan hangat. 

sudah gitu aja..sepele, gampang pula pengerjaannya. tumisan capcay ini juga bisa dimakan dengan nasi atau bihun.

masakan seperti ini gak ada pakemnya. dengan bumbu yang sama bisa kamu buat dengan sayuran wortel, jamur putren, paprika merah kuning hijau, jamur merang shitake enoki tiram – anything you like, sosis, bakso ikan, otak-otak goreng, udang, cumi. sesuka-sukanya pokoknyaa...

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar