Senin, 24 Juni 2013

tumis gembus siram ayam



biarpun kata orang gembus enggak ada gizinya, buat saya gembus itu enak. enak banget. harganya pun murah meriah. dengan uang 2ribu rupiah saya bisa dapatkan 3 gembus dalam plastik. bisa untuk side dish dan untuk makan sehari pokoknya. simbah kalau masak oseng gembus,legit banget. gak ada rahasia bumbu sebenarnya. dia menggunakan minyak cukup banyak untuk menumis rajangan bawang yang juga banyak sehingga menyerap ke dalam gembus. rasanya jadi aduhai banget.

untuk rajangan semangkok besar gembus, saya mengiris segenggam bawang putih dan bawang merah, cabe merah dan cabe rawit sesuai selera. bumbu itu kemudian ditumis dalam minyak hingga berenang, masukkan salam laos. 

setelah harum masukkan gembus ke dalam wajan. aduk-aduk hingga menyerap bumbu. beri kecap manis, garam dan gula jawa. sesekali dikepyur air biar basah dan aduk-aduk cepat supaya gembusnya enggak benyek dan tetap garing dari luar tapi menyerap bumbu hingga ke dalam. 



sudah begitu saja. nah yang bikin sedap adalah tumisan ayam gilingnya. saya mengerjakannya terpisah.
saya merajang halus seruas jahe, 3 cabe merah keriting, 4 bawang putih, 3 bawang merah. tumis bumbu dalam 2 sdm minyak. masukkan 6 sdm daging ayam giling. aduk hingga berubah warna. beri garam dan gula secukupnya. kepyur dengan air supaya bumbu dan ayam tak kering. beri saos tiram sesuai selera. kepyur lagi dengan air dan masak hingga ayam giling matang. gunakan api besar ketika menumis ayam supaya pengerjaannya cepat.
 
tuang tumisan ayam ke atas kering gembus.

sedapnyaaaa...
 
please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar