Senin, 24 Juni 2013

dadar gulung sushi



ini bukan sushi.. juga bukan sushi shimilikiti weleh-weleh.. 

bikinnya gampang banget.

yang pertama saya kerjakan adalah mendadar  2 butir telur setipis-tipisnya. saya tambahkan 5 sdm air dalam kocokan telur saya. beri sedikit garam dan gula pasir (yes telur dadar jepang memang rasanya manis). dadar telur dan sisihkan. dari 2 butir telur ini, saking tipisnya saya bikin jadi 3 dadaran. 

kemudian semangkuk nasi saya beri sedikit cuka dan gula pasir, aduk-aduk hingga tercampur rata. jadi deh nasi buat sushi jadi-jadian ini.



saya menumis seruas kecil jahe dengan bawang putih, 3 sdm daging ayam giling, 3 sdm parutan wortel, beri saos tiram. campur tumisan ini ke dalam semangkuk nasi yang sudah disiapkan. beri rajangan halus daun bawang (mentah) dan tomat – daging buahnya saja tanpa sari tomat-nya. gunting-gunting halus selembar nori. beri 2 sdm mayones dan campur seluruhnya dalam nasi. 

kemudian ratakan nasi lengket ini ke atas lembaran dadar telur. gulung sambil dipadatkan. 

udah deh jadi.. buat yang gak suka sushi mentah, sushi jadi-jadian ini bisa dicoba. tanpa menambahkan lada atau wasabi atau cabe, rasa sushi-nya sudah pedas karena ada rajangan mentah daun bawangnya. 

tumisan ayamnya juga enak dengan krenyes jahe yang pedes dan harum. buat selera saya sih enak. harum nori-nya bikin rasa umami makin kuat. campuran mayones dengan nasi bercuka dan gula ini juga sedep banget. dan balutan dadar telur yang gurih itu bikin keseluruhan dish sederhana ini jadi juaraaa...

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar