Rabu, 12 Juni 2013

gimbal tahu kuah asam



gimbal tahu adalah makanan favorit yang diwariskan dari kakek saya. dia ayah bapak saya. makanan sederhana seperti ini membikin saya ingat punya keluarga, punya tradisi, kehidupan berlangsung. saya belum pernah berjumpa kakek. ia meninggal sebelum saya lahir. saya mengenalnya lewat cerita bapak.




membikin gimbal tahu sederhana. biasanya untuk sebuah tahu cina kacang hijau yang besar saya menyertakan semangkok kecil udang. 

kulit udangnya saya buat kaldu. saya sangrai kulit udang (tanpa minyak tentu) sampai kemerahan. kemudian saya masukkan ulekan jahe dan bawang putih. tuang 2 gelas air dan biarkan mendidih. saring. air kaldu udang ini saya gunakan untuk membikin kuah asam. saya rebus sebongkah asam jawa dengan 2 rajangan gula jawa. masukkan 3 lembar daun jeruk, ulekan bawang putih dan garam. rebus hingga mendidih. matikan api dan saring.

untuk adonan bakwannya saya menghaluskan kunyit, cabe rawit dan bawang putih. kemudian larutkan tepung terigu dengan bumbu halus, telur, sedikit garam dan gula. masukkan daun bawang. adonan bakwannya mesti kental supaya ketika digoreng enggak ambyar dalam minyak. untuk gimbal tahunya, cacah udang dan potong tahu cina bentuk dadu. beri satu sachet kaldu bubuk. masukkan ke dalam larutan tepung terigu. goreng sesendok-sendok.

sajikan hangat dengan kuah asam. 

 please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar