Minggu, 09 Juni 2013

tips kaldu ungkepan ayam



biasanya, ketika mengolah ayam, saya mengungkepnya terlebih dahulu.

air perebus ungkepan ayam ini juga saya manfaatkan untuk aneka macam masakan. ini pengantar imajinasi untuk memanfaatkan air perebus ungkepan ayam yang gurih,legit dan kaya bumbu.


kalau saya buat ayam goreng kuning dengan bumbu halus bawang putih,ketumbar, kunyit, jahe serta salam laos sebagai penyedap dalam bumbu ungkepan, maka kaldu gelatin sisa mengungkep ayam itu saya gunakan untuk teman makan bubur. kaldu ungkepan itu saya rebus sampai berkurang banyak airnya dan yang tersisa adalah gelatin berbumbu yang legit. bumbu itu dimakan dengan bubur beras atau bubur oatmeal, cita rasanya aduhaaaii banget.

saya gunakan juga kaldu ungkepan ayam untuk dijadikan bahan dasar membikin adonan tepung, entah untuk menggoreng sayuran tempura, tempe-tahu mendoan, kentang-ubi rebus. pokoknya nampol banget untuk mengencerkan adonan gorengan tersebut. 

kalau adonan tempura menggunakan tepung terigu, maka dari kaldu ungkepan ayam kita juga bisa bikin rempeyek dari tepung beras. dengan menambahkan santan supaya makin gurih. isiannya juga macam-macam. dari kacang kedele hitam,kacang tanah, rebon, teri dan rajangan daun jeruk... ueenaakk tenan


 bikin kremesan juga bisaaa...enak banget. ibu sahabat saya ellen punya resep kremesan yang uueeennaakk tapi saya emoh duplikasi soalnya ngerjainnya capek. pokoknya kalau bikin kremesan ala si tante mesti niat, mesti sekalian banyak biar enggak capek ngerjainnyaaa.. juara banget emang kremesannya.


saya yang simpel-simpel aja deh, dari kaldu ungkepan ayam saya campur kelapa parut dan tepung beras. kemudian saya goreng awur-awur di atas minyak banyak yang panas. sebelum gosong saya angkat dan tiriskan. saya kerjakan sampai bahan selesai. 

kemudian wajan saya kosongkan minyaknya. hasil gorengan kremesan tadi pun saya sangrai dengan api sedang sampai agak coklat dan kremesan kelapanya kriuk-kriuk... 

kremesan itu bikin saya lupa makan ayam gorengnyaa..soalnya udah enak, pakai sambal bajag yang pedes manis gurih.. damn...enak bangeeettt...
 


nah ayam ungkepnya tinggal dimasak deh dengan aneka jenis bumbu. ayam ungkep ini juga cocok untuk di-stok dalam kulkas. tinggal dimasak ketika perlu. jadi kita menyimpan masakan matang bukan ayam mentah.
 
please give it a try


until then berkah dalem..dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar