Selasa, 25 Juni 2013

kurma dalam rendaman kopi



kurma sebetulnya bukan buah favorit saya. 

sampai suatu hari saya cobain kurma yang enak, sekilo harganya 150ribu dan itu beli-nya di tahun 2010. terlalu mahal untuk kantong saya, maklumlah sebagai kelas pekerja ada banyak hal yang mesti dipikirin, saya masih merasa sayang membeli sekilo kurma seharga 150ribu. 

untunglah saya ini adventurer dalam kulinari, mau membuang waktu untuk belajar dan nyobain sendiri hal-hal sehubungan dengan masak dan makan. suatu hari tanpa sengaja saya makan kurma sambil minum kopi pahit. alamaaakk enak banget. 

kalau kamu sering mampir ke starbuck atau excelso dan punya minuman favorit coffee caramel frappucino, maka kamu bisa ngebayangin gimana rasanya kurma yang direndam dalam cairan kopi pahit pekat. itu uueenaak banget.

jangan sepelekan buah kurma yang dijual murah meriah ya. hari ini saya mampir ke giant dan nemu kurma murah, delapan ribu untuk 400 gram. saya beli beberapa paket dengan niatan akan merendam kurma dalam kopi. kebetulan juga kakak saya bergerak di bisnis kopi, jadi saya punya stok kopi bubuk premium. tapi pakai kopi bubuk biasa juga gak apa-apa kok, tetep enak rasa kurma-nya.



supaya rasa-nya makin legit dan meresap sempurna, buah kurma itu tentu mesti dibuka dan dibuang bijinya. enggak repot kok, ngerjainnya sambil nonton tivi dan maki-maki mereka yang menggadaikan harga dirinya untuk makan uang rakyat. untuk 400 gram daging buah kurma, saya melarutkan 3 sdm kopi bubuk dengan segelas air. kemudian saring kopi sampai gak ada ampasnya. tuang sari kopi ke dalam wadah tempat daging buah kurma. aduk dengan sempurna dan rendam seperlunya sesuai kebutuhan.

sejujurnya saya kaget ketika pagi-pagi bangun, kurma rendam kopi ini habis separuh. belum sempet dibuat dishes macem-macem sudah ada orang rumah yang cemal-cemul makan kurma ini. legiiitt banget dan rasa karamel-nya terasa banget. enggak ada rasa berpasir seperti yang biasa kita rasakan dari buah kurma.
kurma rendam kopi ini enak banget untuk dibikin cookies, atau cake, atau salad.. atau apapun sesuai selera-mu.

kalau saya karena suka yang simple, rendaman kurma dalam kopi ini saya biarkan semalaman, sampai jadi benyek dan becek. kemudian saya toast roti tawar dengan margarine atau butter, oleskan dengan selai kurma kopi. suguhan minumnya teh tubruk kentel panas tanpa gula..alamaakk enak banget.

kamu tentu juga bisa bikin finger food dengan selai sederhana ini. potong roti tawar bentuk persegi, toast sebentar dengan butter, beri seoles cream keju, kemudian sepotong roti toast butter oles dengan selai kurma, tutup dengan roti toast butter. tusuk dengan tusuk gigi. jadi deh finger food yang enak, buat suguhan lebaran pun bisa.

dan cream keju-nya bisa diganti keju mozarella / quick melt. tanpa perlu di toast, kerjakan hal yang sama, tusuk dengan tusuk gigi, panggang sebentar di oven hingga keju meleleh..

nah..siap belanja kurma curah murah untuk diperbaiki rasanya?

please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar